Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapa Kristen Gray, WNA di Bali yang Thread-nya Viral di Twitter?

KOMPAS.com - Seorang Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Bali dengan akun Kristen Gray @kristentootie ramai dibicarakan di media sosial Twitter sejak 17 Januari 2021.

Melalui thread yang dibuatnya, diketahui bahwa perempuan berusia 28 tahun itu berasal dari Amerika Serikat.

Selain itu dia juga mengatakan lewat thread-nya bahwa pada 2019 dia kesulitan mencari pekerjaan. Dia lalu memutuskan untuk terbang ke Bali, Indonesia, dan menetap selama 6 bulan. 

Tinggal di Bali

Tapi bulan Maret 2020 terjadi pandemi Covid-19 dan Gray memutuskan untuk tetap tinggal di Bali.

Dia merasa pengalaman hidup di Bali telah mengubah hidupnya juga menyembuhkan trauma masa kecilnya, karena banyak treatment yang membuatnya rileks.

Menurut Gray, tinggal di Bali dia merasa aman, biaya hidupnya rendah, gaya hidup mewah, dan ada komunitas kulit hitam di Bali.

Dia membandingkan biaya hidup di Los Angeles (LA), AS, dan Bali. Di Bali dia mengeluarkan biaya 300 dollar AS atau Rp 4.233.615. Sementara itu di LA dia harus merogoh kocek 1.300 dollar AS atau Rp 18.345.665.

Dia menyebut, 2020 merupakan tahun terbaiknya, terlepas dari karantina karena pandemi Covid-19. Dia bisa terlepas dari dikte berita politik Amerika atau drama politik.

Gray juga mengaku bekerja sebagai desain grafis selama berada di Bali.

Di akhir thread, dia mengajak orang untuk melakukan apa yang lakukan, yaitu pindah ke Bali.

Tak hanya itu dia juga menjual e-book "Our Bali Life is Yours" seharga 30 dollar atau sekitar Rp 400.000.

Dalam buku itu juga terdapat cara untuk ke Bali pada masa pandemi Covid-19. Dia mengaku memiliki agen visa khusus dan memiliki trik agar bisa masuk ke Indonesia.

Setelah twit-nya menjadi perbincangan publik, perempuan itu menghapus twit-nya, menyembunyikan video Youtube-nya, mengunci akun Instagram serta mengunci akun Twitter-nya.

Dia menggunakan visa kunjungan saat datang ke Bali dan sudah melakukan perpanjangan izin tinggal karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Izin tinggal Gray di Indonesia masih berlaku hingga saat ini.

"Dapat kami sampaikan bahwa setelah melihat ke dalam sistem keimigrasian yang bersangkutan hingga saat ini masih memiliki izin tinggal yang sah, yaitu izin tinggal kunjungan yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi Denpasar," katanya pada Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Adapun yang dimaksud izin tinggal adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat imigrasi di wilayah Indonesia kepada orang asing untuk tinggal di wilayah Indonesia.

"Ada izin tinggal kunjungan memungkinkan orang asing untuk tinggal paling lama 180 hari," imbuhnya.


Terdeteksi di Karangasem

Beberapa waktu lalu petugas Imigrasi Bali telah melakukan pencarian kepada Gray dengan mendatangi alamat yang tertera dalam sistem sesuai dengan laporan pemohon.

Diketahui dia melaporkan alamatnya adalah di Karangasem, Bali.

"Sudah diketahui alamatnya dan kami juga sudah dapat dia izin tinggalnya ada di Imigrasi Denpasar, alamatnya pada saat itu posisi dia di Karangasem," kata Kepala Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto, Selasa (19/1/2021).

Akan tetapi setelah didatangi, warga sekitar mengaku tidak mengenal Kristen Gray. Selain itu pihak imigrasi juga tidak menemukan Gray.

Meski begitu pihak imigrasi telah menemukan agen atau sponsor dari Gray.

Untuk memastikan apakah Gray tidak membayar pajak selama tinggal di Indonesia dan dugaan-dugaan lainnya, pihak Imigrasi Bali meminta Kristen Gray datang ke kantor melalui Warga Negara Indonesia yang menjadi sponsornya.

(Sumber: Kompas.com/Pythag Kurniati, Rachmawati | Editor: Pythag Kurniati, Rachmawati)

 

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/19/143815365/siapa-kristen-gray-wna-di-bali-yang-thread-nya-viral-di-twitter

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke