Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trump Terinfeksi Virus Corona, Joe Biden Akan Dites Covid-19

Diberitakan CNN, Jumat (2/10/2020), tes terhadap Biden dilakukan setelah Trump dan istrinya dinyatakan positif Covid-19.

Trump dan Melania Trump menjalani tes Covid-19 setelah pada Kamis (1/10/2020) malam, penasihat Trump, Hope Hicks diketahui terinfeksi virus corona.

Biden dites karena berada dalam satu panggung pada debat calon presiden pertama, Selasa (29/10/2020) malam.

Saat itu, keduanya tidak saling berjabat tangan. Mereka juga tidak berjabat tangan dengan moderator.

Namun, baik Trump maupun Biden tidak mengenakan masker di atas panggung. Mereka juga berteriak satu sama lain selama debat.

Menurut Komisi Debat Presiden, setiap orang yang menghadiri debat di Case Western Reserve University akan menjalani tes Covid-19 dan mengikuti protokol kesehatan lainnya.

Biden mengharapkan Trump dan ibu negara Melania Trump lekas sembuh. Hal itu disampaikannya lewat akun Twitter pribadinya.

Menurut juru bicara Devin O'Malley, hasil keduanya negatif.

"Wakil Presiden Pence tetap dalam keadaan sehat dan berharap Trump pulih," tulis O'Malley.

Pence tidak berhubungan dekat dengan Hope Hicks. Hicks menjadi satu-satunya orang terdekat Trump yang diketahui positif hingga membuat Trump memutuskan untuk melakukan tes bersama ibu negara.

Namun, Betsy Klein dari CNN mencatat bahwa Pence di depan kamera mengatakan dia berada di Ruang Oval bersama Presiden pada hari Selasa.

Update Trump

Terkait dengan Trump yang dinyatakan positif Covid-19, CNN menulis beberapa catatan berikut:

  • Trump, ibu negara Melania Trump, dan Hope Hicks semuanya dinyatakan positif.
  • Hicks mengalami gejala pada hari Rabu. Beberapa pejabat Gedung Putih mengetahui Hicks positif Covid-19 pada Kamis pagi.
  • Menurut Kepala Koresponden Medis CNN Dr. Sanjay Gupta, Trump saat ini menjalani karantina. Disebutkan bahwa mereka mungkin asimtomatik (tanpa gejala). 

Meski demikian, ada beberapa hal yang belum diketahui. Hal itu di antaranya, belum jelas siapa yang mengetahui diagnosis Hicks pada Kamis lalu.

Sementara, Trump mengunjungi New Jersey pada Kamis sore, dan Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengadakan konferensi pers. Belum diketahui apakah saat itu mereka telah mendapatkan informasi soal diagnosis Hicks. 

Hal lainnya, belum diketahui dengan jelas kapan tepatnya pada Kamis itu Trump menjalani tes, dan seberapa cepat sejak diperoleh informasi bahwa Hicks positif Covid-19.

Hingga saat ini juga belum diketahui siapa yang menjadi sumber infeksi di lingkaran Trump.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/02/210409765/trump-terinfeksi-virus-corona-joe-biden-akan-dites-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke