Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus Misterius Baru Merebak di China, Diperkirakan Infeksi 1.700 Orang

Melansir dari BBC, para ilmuwan Inggris memperkirakan jumlah orang yang terinfeksi mendekati 1.700 kasus. Jumlah tersebut lebih besar dari angka resmi yang dikonfirmasi yakni hanya berkisar 45 kasus.

Kemunculan virus yang awalnya di Kota Wuhan itu telah menyebabkan dua orang meninggal.

“Secara substansial, saya jauh lebih khawatir dibandingkan seminggu lalu,” kata Ilmuwan Wabah dan Penyakit Prof Neil Ferguson.

Ferguson merupakan peneliti yang tergabung dalam Pusat Analis Penyakit Menular Global MRC di Imperial College London.

Pusat penelitian tersebut merupakan tempat penelitian yang kerap memberikan saran kepada badan-badan pemerintah Inggris termasuk WHO.

Beredarnya masalah virus misteius ini, Singapura dan Hongkong telah menyaring penumpang pesawat dari Wuhan. Bahkan AS pun melakukan hal serupa.

Berpusat di Wuhan

Wabah virus tersebut berpusat di Kota Wuhan China Tengah. Namun terdapat pula dua kasus di Thailand dan satu di Jepang.

“Wuhan telah mengekspor tiga kasus ke negara lain dan itu menyiratkan akan ada lebih banyak kasus daripada yang telah dilaporkan,” kata Prof Ferguson.

Ia mengatakan, tak mungkin bisa mendapatkan angka pastinya. Namun, dengan pola wabah yang didasarkan pada virus, populasi lokal dan data penerbangan bisa memberikan gambaran jumlah orang terjangkit virus tersebut.

Perhitungan terperinci menunjukkan adanya 1.700 kasus.

Ferguson menyebut, terlalu dini untuk bersikap waspada. Akan tetapi ia jauh lebih khawatir dibandingkan seminggu lalu.

Namun Ferguson berpendapat orang-orang harus mulai mempertimbangkan kemungkinan penularan substansial dari manusia ke manusia secara lebih serius.

“ Saya rasa tidak mungkin, mengingat yang kita ketahui tentang virus corona, paparan hewan menjadi penyebab utama dari sejumlah infeksi pada manusia,” kata dia.

Sementara itu, pejabat China mengatakan penyebaran virus bukanlah dari orang ke orang.

Mereka mengatakan penyebaran itu melalui spesies hewan yang terinfeksi di pasar makanan laut dan kebun binatang di Wuhan.

Saat ini, Bandara Internasional Wuhan melayani populasi 19 juta orang tapi hanya 3.400 hari perjalanan internasional.

Virus Corona

Sampel virus yang telah diselidiki adalah virus corona.

Corona virus sendiri saat ini hanya enam yang diketahui menginfeksi orang, namun dengan kasus baru ini kemungkinan akan menjadi tujuh.

Dalam dampak yang ringan, corona virus menyebabkan pilek tapi yang parah bisa menyebabkan Sindrom Pernafasan Akut (SARS).

Analis pada kode genetik virus baru ini menunjukkan virus yang tengah merebak lebih mirip dengan SARS dibanding virus corona lain.

SARS sendiri telah menewaskan 774 dari 8.098 orang pada wabah yang merebak tahun 2002.

Virus ini menyebabkan pneumonia pada beberapa pasien dan berakibat fatal pada dua diantaranya.

Direktur Badan Amal Penelitian Medis Wellcome, Dr. Jeremy Ferrar mengatakan, terdapat tingkat penularan virus ini dari orang ke orang.

"Kami mulai mendengar lebih banyak kasus di China dan negara-negara lain dan kemungkinan, seperti yang ditunjukkan oleh pemodelan ini, bahwa akan ada lebih banyak kasus, di sejumlah negara," kata dia. 

https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/18/182516965/virus-misterius-baru-merebak-di-china-diperkirakan-infeksi-1700-orang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke