Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenang Afridza Munandar, Pebalap Indonesia yang Meninggal Usai Kecelakaan di Sepang

KOMPAS.com - Pebalap asal Indonesia Afridza Munandar meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan dalam ajang balap Asia Talent Cup 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Afridza terjatuh di tikungan 10 saat balapan baru berjalan satu putaran.

Usai kecelekaan, Afridza sempat dilarikan ke Rumah Sakit terdekat, nahas nyawanya tak terselamatkan.

Kabar meninggalnya Afridza Munandar pun menjadi trending topic di Twitter.

Hingga Minggu (3/11/2019), pukul 09.35 WIB, lebih dari 2.000 netizen menuliskan unggahan mengenai kabar duka tersebut.

Bahkan pembalap kelas dunia seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo hingga Andrea Iannone turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas kematian Afridza.

Meningalnya Afridza tentu menjadi duka mendalam bagi dunia balap Indonesia. Sebab, Afridza merupakan salah satu rider atau pebalap muda terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Afridza diketahui merupakan pebalap motor asal Indonesia yang lahir di Tasikmalaya, 13 Agustus 1999 silam.

Sederet Prestasi

Mengutip laporan Kompas.com, Minggu (3/11/2019), Afridza memiliki peluang menjadi juara dalam Asia Talent Cup 2019 dan memiliki prestasi yang gemilang.

Pemuda 20 tahun itu merupakan pebalap jebolan Astra Honda Racing School.

Usai bergabung dengan Astra Honda Racing School, ia berhasil meraih gelar juara umum Jabar MP5 dan juara umum MP6 pada 2013.

Di tahun 2015, ia berhasil meraih juara umum II Kejurnas MP seri V kelas MP3. Ia juga berhasil meraih medali perak di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016 dan menjadi juara nasional MP3 dan MP4.

Tak hanya menorehkan prestasi di tanah air, Afridza juga pernah menjuarai ajang Suzuka Endurance 4 Hours di Jepang.

Ia juga telah dua kali menang di Sirkuit Buriram dan Sepang, dua kali finis kedua di Buriram dan Twin Ring Motegi, serta dua kali naik podium ketiga di Buriram.

Tak hanya itu, di tahun 2019, ia juga berhasil menjuarai Race 1 di Thailand.

Afridza terjatuh di tikungan 10 saat balapan baru berjalan satu putaran. Ia sempat dilarikan di Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter namun nyawanya tak terselamatkan.

Laporan Kompas.com, Minggu (3/11/2019), mengatakan jenazah Afridza akan dikirim ke Indonesia besok pukul 08.30 waktu setempat.

(Sumber: Kompas.com/Nirmala Maulana, Faishal Raihan, Eris Eka Jaya, Alsadad Rudi | Editor: Jalu Wisnu Wirajati, Ferril Dennys)

https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/03/121111265/mengenang-afridza-munandar-pebalap-indonesia-yang-meninggal-usai-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke