Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kerusuhan Manokwari, Gubernur Papua Sampaikan Permintaan Maaf Khofifah kepada Demonstran

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Papua Lukas Enembe membuka dialog dengan masyarakat Papua yang melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur Papua di Jayapura, Senin (19/8/2019).

Aksi yang dilakukan merupakan protes atas perlakuan ormas dan aparat keamanan yang dianggap menghina mahasiswa Papua di Malang, Surabaya, dan Semarang.

Berdasarkan laporan jurnalis KompasTV, Findi Rakmeni, pertemuan telah selesai dilakukan di kantor Gubernur Papua.

Warga menyampaikan protes mereka yang menolak tindakan warga Surabaya dan Malang terhadap mahasiswa Papua di sana.

Menanggapi aspirasi warganya, Lukas mengaku telah ditelepon langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah juga telah menyampaikan permintaan maaf atas nama pribadi dan warga Jawa Timur.

Meski begitu, kata Findi dalam laporannya, Lukas juga menolak sikap warga Surabaya terhadap warganya di sana.

Menurut Gubernur, masyarakat Papua merupakan orang yang punya harga diri dan martabat, sehingga tidak pantas mendapat kata-kata hinaan.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua juga sudah bernagkat ke Jawa Timur untuk melakukan dialog dengan Pemprov setempat membahas kasus ini.

Setelah adanya dialog tersebut, gejolak massa mereda. Findi melaporkan, saat ini massa mulai membubarkan diri dengan tertib.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat di Papua dan Papua Barat melakukan aksi demo, pasca-penangkapan sejumlah mahasiswa asal Papua di Surabaya, Jawa Timur. Mahasiswa Papua tersebut dituduh merusak dan membuang Bendera Merah Putih.

Aksi tersebut membuat Manokwari lumpuh, sebab sejumlah ruas jalan diblokade, yakni Jalan Yos Sudarso, Jalan Trikora Wosi, dan Jalan Manunggal Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Bahkan, sejumlah massa juga membakar berapa rumah, bangunan, termasuk kantor DPRD Papua Barat. Hingga saat ini, aksi demo masih berlangsung di beberapa titik.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/08/19/172330565/kerusuhan-manokwari-gubernur-papua-sampaikan-permintaan-maaf-khofifah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke