Jean-Michel Basquiat, Seniman Jalanan yang Mendunia

Kompas.com - 23/03/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Jean-Michel Basquiat adalah seniman jalanan Amerika yang meraih kesuksesan pada 1980-an.

Ia merupakan bagian dari gerakan neo-ekspresionisme, yakni aliran seni lukis yang mendobrak kemapanan dan muncul pada 1970-an.

Meski meninggal di usia muda, yakni pada usia 27 tahun, karyanya menjadi salah satu lukisan termahal yang pernah dijual.

Pencapaian itu juga membawanya mencetak rekor baru, sebagai karya seniman Amerika termahal yang pernah terjual dalam acara lelang.

Baca juga: Biografi Basuki Abdullah, Duta Seni Lukis Indonesia

Basquiat kecil

Jean-Michel Basquiat lahir di Brooklyn, Amerika Serikat, pada 22 Desember 1960 dari ayahnya berdarah Haiti-Amerika dan ibu berasal dari Puerto Rico.

Latar belakang keluarganya yang berkulit hitam menjadi salah satu inspirasinya dalam melahirkan karya seni.

Kecintaannya terhadap dunia seni ditanamkan oleh sang ibu sejak kecil, di mana ia sering diajak ke museum dan mendaftarkannya sebagai anggota di Brooklyn Art Museum.

Di usia tujuh tahun, Basquiat mulai sekolah privat seni di Saint Ann's School, dan bersama temannya, Marc Prozzo, mampu menghasilkan sebuah karya berupa buku dengan ilustrasi bergambar.

Setelah orang tuanya bercerai pada 1968, Basquiat diasuh oleh sang ayah. Namun, ia kabur dari rumah saat berusia 15 tahun setelah dipergoki sedang merokok oleh ayahnya.

Setelah diusir oleh ayahnya dan dikeluarkan dari sekolah saat masih kelas 1 SMA, Basquiat bertahan hidup dengan bekerja di pabrik pakaian.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.