Pengakuan Kemerdekaan Indonesia dari Australia

Kompas.com - 13/09/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Bendera Australia. ThinkstockIlustrasi Bendera Australia.

KOMPAS.com - Indonesia adalah negara tetangga Australia yang paling dekat, sehingga membuat Australia turut menyuarakan dukungan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu bentuk dukungan Australia terhadap kemerdekaan Indonesia adalah dengan Black Armada yang terjadi pada 24 September 1945.

Dampak dari peristiwa Black Armada adalah 400 kapal Belanda yang berlabuh di Australia tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

Baca juga: Negara-negara yang Mendukung Kemerdekaan Indonesia 

Dukungan Australia terhadap Kemerdekaan RI

Sebagai negara yang berbatasan laut dengan Indonesia, Australia kerap memberikan dukungan terhadap negara tetangganya tersebut, salah satunya adalah memberi dukungan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). 

Bentuk dukungan Australia terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia terlihat dalam peristiwa Black Armada yang terjadi pada 24 September 1945. 

Ketika itu, telah terjadi boikot besar-besaran terhadap kapal-kapal milik Belanda di Pelabuhan Brisbane, Sydney, Melbourne, dan Fremantle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapal-kapal tersebut sedang membawa persenjataan milik Belanda menuju ke Indonesia.

Pemerintah Belanda sendiri menanggapi boikot tersebut dengan bersikeras bahwa setiap peralatan dan personel militer di setiap kapal bertujuan untuk memerangi milisi pro-Jepang di Indonesia. 

Komandan Huibert Quispel dari Dinas Informasi Pemerintah Hindia Belanda menyatakan bahwa isi dari kapal tersebut adalah makanan, pakaian, dan persediaan obat-obatan untuk rakyat Indonesia.

Namun, pada akhirnya terbongkar bahwa kapal tersebut membawa persenjataan milik Belanda. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.