Kompas.com - 03/12/2021, 19:40 WIB
Perwira TNI AL bermain tenis meja disela-sela waktu luang di KRI Semarang, Rabu (22/7/2020). Aktivitas prajurit di KRI Semarang tersebut merupakan persiapan kegiatan manuvra lapangan (Manlap) Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) Koarmada I, Latihan Pendaratan Amfibi, dan Pengangkatan Kasal Sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau pada 22 - 28 Juli 2020. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPerwira TNI AL bermain tenis meja disela-sela waktu luang di KRI Semarang, Rabu (22/7/2020). Aktivitas prajurit di KRI Semarang tersebut merupakan persiapan kegiatan manuvra lapangan (Manlap) Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) Koarmada I, Latihan Pendaratan Amfibi, dan Pengangkatan Kasal Sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau pada 22 - 28 Juli 2020.

KOMPAS.com - Tenis meja atau pingpong adalah salah satu olahraga permainan net yang cukup populer dan banyak dimainkan oleh masyarakat.

Permainan tenis meja tidak memerlukan tempat yang luas, bahkan permainan ini dapat dilakukan di dalam ruangan yang tidak terlalu besar.

Untuk bisa bermain dengan baik diperlukan penguasaan keterampilan dasar tenis meja yaitu teknik memegang bet, teknik stance, teknik pukulan, dan gerakan kaki.

Selain itu, pemain tenis meja tak hanya harus menguasai teknik dasar dengan baik. Namun, ia juga harus memahami dan mematuhi seluruh peraturan dasar tenis meja.

Baca juga: Aturan Servis dalam Permainan Tenis Meja

Pada permainan tenis meja, ada beberapa aturan yang mesti dipahami oleh semua pemain, salah satunya adalah penghitungan poin.

Dilansir dari laman Killer Spin, sebuah pertandingan tenis meja bisa dimainkan dalam 3, 5, atau 7 set (game).

Namun, umumnya tenis meja dimainkan dalam 5 (lima) set atau best of five dengan sistem penghitungan poinnya adalah rally point.

Lantas bagaimana pemain tenis meja dinyatakan sebagai pemenang?

Baca juga: Mengenal Deuce dalam Olahraga

Sebelumnya, pertandingan pingpong dimainkan hingga mencapai 21 poin per set. Namun, aturan soal penghitungan poin dalam tenis meja diubah oleh Federasi Internasional Tenis Meja (ITTF) pada 2001.

Skor maksimal dalam pertandingan tenis emja dengan sistem rally point yaitu 11 poin.

Artinya, dalam permainan tenis meja jumlah poin untuk satu set adalah 11 poin.

Seorang pemain dinyatakan memenangkan pertandingan tenis meja apabila kedudukan mencapai 11 poin terlebih dulu.

Baca juga: 4 Peralatan Utama dalam Tenis Meja

Akan tetapi, jika terjadi skor 10-10 (deuce), maka pemenang pada set tersebut adalah pemain yang bisa meraih keunggulan 2 poin, misalnya 12-10, 13-11, 14-12, dan seterusnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.