Kompas.com - 12/04/2021, 22:00 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melawan wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue saat pertandingan babak perempat final Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Praveen/Melati takluk dari Thom/Delphine setelah melalui pertarungan tiga gim dengan skor 19-21, 21-14, 18-21 dalam tempo 63 menit. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melawan wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue saat pertandingan babak perempat final Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Praveen/Melati takluk dari Thom/Delphine setelah melalui pertarungan tiga gim dengan skor 19-21, 21-14, 18-21 dalam tempo 63 menit.

KOMPAS.com - Deuce merupakan istilah dalam dunia olahraga. Istilah deuce tersematkan dalam beberapa cabang olahraga antara lain bulu tangkis, bola voli, tenis lapangan, dan tenis meja.

Pengertian deuce dalam olahraga adalah suatu keadaan ketika skor dalam keadaan seri pada permaian suatu set.

Jika dalam suatu pertandingan berada pada kondisi deuce, maka pemain harus unggul 2 poin dari lawan untuk menentukan kemenangan.

Baca juga: Peraturan Permainan Tenis Meja

Berikut beberapa contoh terjadinya deuce dalam cabang olahraga seperti bulu tangkis, bola voli, tenis lapangan, dan tenis meja.

  • Deuce bulu tangkis

Dalam satu set atau game bulu tangkis terdapat sistem deuce atau poin tambahan jika kedudukan imbang pada 20-20.

Dalam kondisi deuce tersebut, pemenang bisa ditentukan melalui keunggulan dua poin sebelum mencapai batasan 30 angka.

Baca juga: Jenis-jenis Pukulan dalam Tenis Meja

  • Deuce bola voli

Kapan terjadinya deuce dalam permainan bola voli?

Pada pertandingan bola voli sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksmal pada 25 poin.

Artinya, permainan bola voli berakhir bila salah satu tim berhasil memperoleh skor 25 poin.

Permainan bola voli juga memiliki istilah deuce. Dalam satu set permainan bola voli terdapat sistem deuce jika kedudukan imbang pada 24-24.

Baca juga: Peraturan Bulu Tangkis Nomor Ganda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X