Bocog Siapkan Zona Protes Resmi di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kompas.com - 10/11/2021, 21:22 WIB
Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020. AP PHOTO/NG HAN GUANPengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.

BEIJING, KOMPAS.com - Komite Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 (Bocog) menyiapkan zona protes resmi di lokasi perhelatan Olimpiade itu.

Data menunjukkan, pada Olimpiade Musim Panas Beijing 2008, Bocog sudah membangun tiga zona protes resmi.

Baca juga: IOC Ingatkan tentang Penonton di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Zona-zona itu ada di taman aman umum di Beijing.

Muslim Uighur di Urumqi, Xinjiang, China diduga ditahan di kamp re-edukasi yang didirikan oleh Pemerintah China.BBC Indonesia Muslim Uighur di Urumqi, Xinjiang, China diduga ditahan di kamp re-edukasi yang didirikan oleh Pemerintah China.

Namun begitu, kala itu, tidak ada masyarakat yang melihat adanya aksi protes di situ.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengingatkan kembali tentang penonton di perhelatan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Olimpiade itu akan berlangsung pada 4-20 Februari 2022.

Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.AP PHOTO/NG HAN GUAN Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.

Panitia Pelaksana (Bocog) sudah menyebut bahwa penonton luar negeri tidak diperkenankan hadir menyaksikan laga-laga Olimpiade tersebut.

Namun demikian, penonton lokal mendapat izin untuk menyaksikan langsung.

"Tentu dengan protokol ketat pencegahan meluasnya pandemi Covid-19," kata pernyataan terkini Bocog, Rabu (10/11/2021).

A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///Ng Han Guan A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///

Sementara itu, Ketua Komite Koordinasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Juan Antonio Samaranch Junior menyebut bahwa ada zona protes resmi yang didirikan di kawasan Olimpiade.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.