Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Ada Kehidupan Normal di Dalam Gelembung

Kompas.com - 09/11/2021, 21:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Hingga kini, penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 menyiapkan kehidupan normal di dalam gelembung mandiri.

"Di dalam gelembung tetap ada penjualan suvenir, masakan dari mancanegara, dan bir di berbagai arena," kata pernyataan pejabat di Komite Penyelenggara (Bocog) Xu Jicheng, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Ada Pembatasan Pergerakan di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Olimpiade Musim Dingin akan berlangsung pada 4-20 Februari 2022.

Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.AP PHOTO/NG HAN GUAN Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.

Perhelatan itu akan berlangsung tanpa kehadiran penonton.

"Kami berpegang pada kebijakan pencegahan Covid-19," kata Xu Jicheng.

Penyelenggara, kata Xu Jicheng, mengaku masih mengatur skema pembagian tiket dalam jumlah terbatas kepada penonton.

Foto bapak pendiri China, Mao Zedong terpasang di Tiananmen Square, Beijing, China. PIXABAY/ ZIBIK Foto bapak pendiri China, Mao Zedong terpasang di Tiananmen Square, Beijing, China.

Nantinya, penonton dalam jumlah terbatas akan terpisah dari atlet dan personal lainnya di berbagai tempat di Beijing dan Kota Zhangjiakou di Provinsi Hebei.

Sementara itu, Xu Jicheng menyebut, selama pertandingan, atlet, jurnalis, staf, dan sukarelawan akan berada di dalam gelembung yang disebut closed-loop.

Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.AP PHOTO/NG HAN GUAN Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.

Namun begitu, layanan di gelembung itu termasuk arena bar dan pusat perbelanjaan.

"Kami menyiapkan juga toko serba ada," kata Xu Jicheng.

Xu Jicheng mengaku bahwa pengaturan di dalam gelembung itu terbilang merepotkan bagi para peserta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///Ng Han Guan A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///

"Tapi, hal itu tidak seberapa ketimbang tetap terjaganya kesehatan masyarakat," ucap Xu Jicheng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com