Kisah Ironis Kleberson, Rekan Seangkatan Ronaldo di MU yang Gagal Bersinar

Kompas.com - 07/09/2021, 18:00 WIB
Kleberson coba melakukan tembakan dalam laga Manchester United vs Newcastle United pada pertandingan Premier League yang digelar di Stadion Old Trafford, 11 Januari 2004. (Foto oleh Paul Barker/AFP) AFP/PAUL BARKERKleberson coba melakukan tembakan dalam laga Manchester United vs Newcastle United pada pertandingan Premier League yang digelar di Stadion Old Trafford, 11 Januari 2004. (Foto oleh Paul Barker/AFP)

KOMPAS.com - Kleberson datang ke Manchester United berbarengan dengan Cristiano Ronaldo. Berbeda dengan Ronaldo yang sukses besar, Kleberson justru mengalami nasib ironis di Old Trafford.

Pada tanggal 12 Agustus 2003, Manchester United (MU) merampungkan proses transfer dua pemain baru mereka yaitu Cristiano Ronaldo dan Kleberson.

Manajer Man United waktu itu, Sir Alex Ferguson, secara langsung memperkenalkan dua rekrutan anyar Setan Merah di Stadion Old Trafford.

Didatangkan dari Athletico Paranaense seharga 6,6 juta paun, Kleberson diproyeksikan untuk menggantikan Juan Sebastian Veron yang dilepas ke Chelsea.

Kleberson datang ke Manchester United dengan status mentereng yaitu juara Piala Dunia 2002 bersama Brasil. Pada turnamen akbar tersebut, ia menjadi pemain penting di balik keberhasilan Selecao menjadi juara.

Kleberson bermain pada enam laga termasuk partai final kontra Jerman. Dari perempat final hingga laga puncak, ia menjadi poros lini tengah timnas Brasil bersama Gilberto Silva.

Baca juga: Nomor-nomor yang Pernah Dipakai Cristiano Ronaldo Selain 7

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penampilan apik Kleberson di Piala Dunia 2002 membuatnya dilirik oleh sejumlah klub tenar Eropa seperti Barcelona, Newcastle United, dan Leeds United. Namun, setahun setelah turnamen, pemain kelahiran Urai itu akhirnya memilih pindah ke Man United.

Dikutip dari FourFourTwo, Kleberson memilih Manchester United karena saat itu ia terpengaruh ucapan kompatriotnya di timnas Brasil, Ronaldinho.

Ronaldinho yang waktu itu membela Paris Saint-Germain (PSG) mengatakan kepada Kleberson bahwa Man United tertarik untuk mendatangkan mereka berdua.

"Ada dua tim peminat waktu itu: Manchester United dan Leeds. Pilihan yang mudah sebetulnya, tetapi ada cerita menggelitik di belakang perpindahan itu," ungkap Kleberson pada 2019 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.