Kompas.com - 28/07/2021, 18:00 WIB
Cristiano Ronaldo mengunggah foto bersama rekan-rekannya di timnas Portugal di sebuah meja makan tanpa menjaga jarak dan memakai masker pada Selasa (13/10/2020). INSTAGRAM.com/cristianoCristiano Ronaldo mengunggah foto bersama rekan-rekannya di timnas Portugal di sebuah meja makan tanpa menjaga jarak dan memakai masker pada Selasa (13/10/2020).

KOMPAS.com - Sebagai sosok yang dituntut untuk selalu tampil prima, seorang atlet jelas membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Menu makanan sehat turut berperan dalam menunjang performa seorang atlet.

Dilansir dari Independent, satu keluarga di Inggris rata-rata membutuhkan waktu 41 menit untuk meyiapkan makan malam. Namun, ketika menyantapnya, mereka hanya butuh setengah dari waktu persiapan makanan.

Dalam sebuah polling yang dilakukan Independent pada tahun lalu, sebanyak 2.000 keluarga di Inggris duduk di meja makan pada pukul 6 sore dan menyantap makan malam dalam waktu hanya 21 menit.

Namun, tiga dari 10 keluarga mengaku bahwa mereka membutuhkan waktu kurang dari seperempat jam (15 menit) untuk makan.

Durasi makan itu adalah dari keluarga biasa, artinya dari kalangan non-atlet. Lantas berapa lama durasi makan bagi seorang atlet yang harus mengonsumsi makanan sehat? Apakah cukup dengan 15 atau 20 menit?

Baca juga: Menilik Pola Makan Sehat Para Atlet Olimpiade

Bagi atlet, khususnya setelah berlatih atau melakoni kompetisi, menu makanan sehat dengan komposisi karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak sangat penting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, kandungan gizi dalam makanan tersebut akan menggantikan simpanan energi dan memaksimalkan pembentukan atau perbaikan otot.

Menurut panduan "10 Aturan Makan seperti Atlet" dari tim atletik Eastern Michigan University, makanan lengkap harus habis dalam waktu 15-60 menit.

Meski begitu, ada juga atlet yang waktu makannya bahkan tidak sampai 15 menit. Hal ini dilakukan oleh atlet American football yang kini bermain untuk tim Cincinnati Bengals, Ricardo Allen.

Ketika memulai karier profesional bersama Atlanta Falcons pada 2014, Allen mengaku sering menghabiskan menu makan siang hanya dalam waktu delapan menit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.