Mengapa Jersey Utama Manchester City Berwarna Biru Langit?

Kompas.com - 11/05/2021, 07:20 WIB
Para pemain Manchester City merayakan gol Bernardo Silva ke gawang Borussia Moenchengladbach pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Hungaria, 24 Februari 2021. AFP/FERENC ISZAPara pemain Manchester City merayakan gol Bernardo Silva ke gawang Borussia Moenchengladbach pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Hungaria, 24 Februari 2021.

KOMPAS.com - Manchester City identik dengan warna biru langit yang menjadi warna jersey kandang mereka. Warna ini membuat julukan The Sky Blues pun tersemat bagi klub yang bermarkas di Stadion Etihad tersebut.

Bagi sebuah tim sepak bola, hal sederhana seperti warna jersey atau kostum tanding justru menjadi identitas. Hal ini juga berlaku bagi Manchester City.

Warna jersey yang digunakan saat melakoni pertandingan dapat digunakan untuk mewakili sejarah sebuah klub. Pun demikian dengan Manchester City.

Warna biru langit adalah identitas dan kebanggaan klub asal kota Manchester tersebut.

Lantas mengapa Manchester City memilih warna biru langit sebagai warna jersey utama alias kostum kandang?

Baca juga: Skuad Manchester City 2020-2021

Mengutip situs web Footballpredictions.net, warna biru langit digunakan sebagai warna utama sejak 1894 ketika klub berubah nama dari Ardwick AFC menjadi Manchester City FC.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun, embrio Manchester City adalah sebuah klub sepak bola gereja St Mark's yang terletak di distrik bagian timur laut kota Manchester bernama West Gorton.

Kemudian pada 1887, klub sepak bola tersebut berevolusi menjadi Ardwick Association FC hingga akhirnya berubah nama menjadi Manchester City pada 1894.

Saat masih bernama Ardwick FC, kostum utama yang mereka kenakan saat bertanding adalah warna Cambridge blue yaitu warna yang digunakan oleh tim olahraga Universitas Cambridge.

Sementara itu, untuk kostum tandang adalah setrip merah dan hitam seperti jersey utama AC Milan. Warna ini digunakan Man City saat memenangi Piala FA 1969.

Baca juga: Sejarah Guard of Honour, Simbol Penghormatan untuk Sang Juara

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X