Shin Tae-yong "Hajar" Pemain Timnas dari Segi Fisik, Apa Pentingnya?

Kompas.com - 10/05/2021, 20:40 WIB
Hanif Sjahbandi (kanan) dalam training center timnas Indonesia, Jakarta, Sabtu (27/2/2021). Dok. PSSIHanif Sjahbandi (kanan) dalam training center timnas Indonesia, Jakarta, Sabtu (27/2/2021).

KOMPAS.com - Latihan fisik intensif menjadi menu utama dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong ketika dalam pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab.

Fokus kepada manajemen fisik selama pertandingan juga terlihat dari instruksi Shin Tae-yong ketika timnas menggelar uji tanding internal pada pekan lalu.

“Jangan terlalu sering satu lawan satu, lebih baik passing karena itu akan menghabiskan tenaga kalian,” ujar Shin Tae-yong dalam agenda tersebut seperti dilansir dari BolaSport.

Program peningkatan fisik pemain timnas Indonesia secara intensif, seperti menjadi agenda teratas dalam pemusatan latihan di bawah arahan Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala.

Bahkan ketika mendampingi timnas U-19 Indonesia dalam agenda uji coba di Kroasia, Shin Tae-yong menyoroti kemampuan pemain asuhannya dari segi fisik ketika bertanding.

Terutama saat terlibat kontak fisik secara langsung dengan pemain lawan berkebangsaan Eropa, yang terlihat lebih kuat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Profil Altalariq Ballah, Darah Afrika di Skuad Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menyampaikan pujian kepada para pemainnya ketika terlihat sudah berani melakukan adu fisik dan tidak mudah kalah, pada Oktober 2020 lalu.

Lantas bagaimana pentingnya kondisi serta unsur kebugaran fisik yang dibutuhkan dalam pertandingan sepak bola sekelas timnas Indonesia?

Adu fisik yang kerap terjadi dalam pertandingan sepak bola umumnya melibatkan inisiatif masing-masing pemain untuk merebut bola dari kubu lawan.

Upaya seorang pemain sepak bola merebut bola dengan cara membenturkan badan, adalah cara yang disebut sebagai body check atau body clash.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X