Yuki Tsunoda ke Alpha Tauri, Jepang Kembali Punya Pebalap di F1

Kompas.com - 17/12/2020, 14:40 WIB
Pebalap asal Jepang, Yuki Tsunoda, resmi bergabung bersama tim Alpha Tauri di musim F1 2021 mendatang Yuki Tsunoda/Alpha TauriPebalap asal Jepang, Yuki Tsunoda, resmi bergabung bersama tim Alpha Tauri di musim F1 2021 mendatang

KOMPAS.com - Susunan pebalap tim Formula 1 Alpha Tauri jelang musim balap F1 2021 mendatang sudah lengkap dengan kehadiran pebalap asal Jepang, Yuki Tsunoda.

Yuki Tsunoda yang membalap di Formula 2 musim lalu menjadi pilot asal Jepang pertama yang akan bersaing di lintasan F1 sejak Kamui Kobayashi pada 2014 lalu.

Ia juga menjadi pebalap kelahiran tahun 2000 pertama yang memiliki kesempatan untuk membela sebuah tim Formula 1.

Tsunoda lahir pada 11 Mei 2000 di Prefektur Kanagawa, Jepang, dan namanya langsung melejit berkat raihan posisi ketiga klasemen akhir pebalap Formula 2 dalam musim debutnya.

Baca juga: Tes Akhir Musim F1, Alonso Tercepat, Mick Schumacher Terjauh

Keputusan tim Alpha Tauri tersebut membuat pebalap asal Rusia, Daniil Kvyat, harus kehilangan posisinya setelah ia membela Alpha Tauri (Toro Rosso sebelumnya) selama dua musim terakhir.

Selain memiliki potensi usai menjalani musim hebat di Formula 2 musim lalu, keputusan Alpha Tauri mengangkat Tsunoda sebagai pebalap musim depan juga berkaitan dengan dukungan Honda sebagai penyedia mesin hingga akhir musim 2021.

Dalam pernyataan singkat usai resmi diumumkan sebagai pebalap Alpha Tauri, Tsunoda bersyukur dapat mewujudkan mimpinya untuk tampil secara kompetitif dalam ajang balap jet darat tersebut.

"Membalap di ajang Formula 1 selalu menjadi tujuan utama dalam karier saya, dan akan berusaha keras membawa harapan banyak penggemar F1 asal Jepang mulai musim depan," ujar Tsunoda seperti dilansir KOMPAS.com dari Bolasport.

Petinggi tim Alpha Tauri, Franz Tost, menyebut Tsunoda sebagai aset berharga bagi timnya terlebih dengan pemahaman teknis dan agresifitas saat melaju di lintasan.

Baca juga: Jelang Debut F1, Putra Legenda Balap Michael Schumacher Rebut Juara Dunia F2

"Ketika tes di Imola pada November, waktu lapnya sangat konsisten selama simulasi lomba dengan mobil musim 2018 kami," ujar Tost.

Tsunoda sendiri berkembang sejak menjuarai Kejuaraan F4 Jepang musim 2018, sebelum tampil di Eropa melalui ajang F3 musim 2019.

FIA Super Licence lantas didapat oleh Tsunoda berkat prestasinya mengakhiri musim Formula 2 2020 di peringkat ketiga. (Ardhianto Wahyu Indraputra)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X