Dramatis, Max Verstappen Raih Pole Position Perdana di F1 Musim Ini

Kompas.com - 12/12/2020, 21:50 WIB
Pebalap Red Bull Belanda Max Verstappen merayakan kemenangan F1 HUT ke-70 Grand Prix di Silverstone pada 9 Agustus 2020 di Northampton. - Perlombaan memperingati 70 tahun perlombaan kejuaraan dunia perdana, yang diadakan di Silverstone pada tahun 1950. AFP/BEN STANSALLPebalap Red Bull Belanda Max Verstappen merayakan kemenangan F1 HUT ke-70 Grand Prix di Silverstone pada 9 Agustus 2020 di Northampton. - Perlombaan memperingati 70 tahun perlombaan kejuaraan dunia perdana, yang diadakan di Silverstone pada tahun 1950.

KOMPAS.com - Max Verstappen meraih posisi start terdepan dalam sesi kualifikasi ajang Formula 1 GP Abu Dhabi di sirkuit Yas Marina pada Sabtu (12/12/2020) malam WIB.

Raihan ini sekaligus menjadi kali pertama pebalap Red Bull tersebut meraih pole position di ajang balapan F1 2020.

Max Verstappen mampu mencatatkan waktu lap tercepat dengan 1 menit 35,246 detik, serta mengungguli dua pebalap Mercedes Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Catatan lap tercepat Bottas hanya berselisih 0,025 detik dari Verstappen, sementara Hamilton mengakhiri kualifikasi dengan raihan 1 menit 35,332 detik.

Baca juga: Negatif Covid-19, Lewis Hamilton Bisa Turun pada Seri Pamungkas F1 GP Abu Dhabi

"Kualifikasi tadi cukup menantang karena ada peluang bagi anda melakukan kesalahan di sejumlah tikungan dalam lintasan. Untungnya semua berjalan sangat lancar di lap terakhir kualifikasi tadi," ujar Verstappen seperti dilansir KOMPAS.com dari Sky Sports.

Hasil sesi kualifikasi Formula 1 Abu Dhabi ini merupakan pole position ketiga Verstappen dari 118 kali mengikuti balapan sejak ia melakukan debut di F1 pada 2015 lalu.

"Musim ini terasa sangat panjang bagi semua orang, terlebih dengan agenda balapan berurutan di banyak kesempatan. Hasil ini sangat bagus untuk seluruh anggota tim dan tentunya kami sangat senang," ujar Verstappen menambahkan.

Posisi untuk memulai balapan GP Abu Dhabi pada Minggu (13/12/2020) besok, sekaligus membuka peluang Verstappen mendongkel Bottas dari posisi kedua klasemen akhir pebalap musim ini.

Kemenangan dalam balapan besok bisa menjadi syarat utama bagi Verstappen yang mengoleksi 189 angka untuk mengejar raihan 205 poin milik Bottas.

Terlebih jika rivalnya dari Finlandia itu mengakhiri balapan di luar enam besar.

Baca juga: Jelang Debut F1, Putra Legenda Balap Michael Schumacher Rebut Juara Dunia F2

Halaman:


Sumber Sky Sports
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X