Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Lewis Hamilton Juara Dunia Formula 1 untuk Ketujuh Kali

Kompas.com - 15/11/2020, 19:15 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Lewis Hamilton menjadi pemenang di Formula 1 GP Turki pada Minggu (15/11/2020) malam hari WIB sekaligus mengunci gelar juara dunia F1 ketujuhnya.

Pebalap berusia 35 tahun ini memulai balapan dari posisi keenam, tetapi ia membalap dengan efisien untuk menyabet tempat pertama di kondisi lintasan basah nan sulit.

Lewis Hamilton sebenarnya salah satu pebalap yang mengalami kesulitan dengan kondisi cuaca dan minimnya grip di trek Sirkuit Istanbul Intercity pada sesi kualifikasi.

Pebalap yang biasanya tampil impresif di lintasan basah tersebut hanya bisa mencatatkan waktu 4,795 detik lebih lamban dari Lance Stroll yang secara mengejutkan mengambil pole position pertamanya.

Baca juga: Hasil F1 GP Turki - Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia, Samai Rekor Michael Schumacher

Namun, Lewis Hamilton menciptakan sejarah setelah pesaing terdekatnya yang juga rekan setimnya sendiri, Valetteri Bottas, tak bisa berbicara banyak di Istanbul.

Satu-satunya pebalap di grid yang bisa mengejar perolehan angka Hamilton dengan tiga seri tersisa itu tampil sangat buruk dengan mengalami setidaknya 5 kali spin sepanjang balapan.

Bottas hanya bisa mengejar Hamilton apabila ia mengambil tujuh poin lebih banyak dari Hamilton. Namun, pebalap asal Finlandia itu akhirnya hanya bisa finis di papan bawah grid.

Berikut adalah lima fakta menarik Lewis Hamilton menjadi juara dunia Formula 1 2020:

1. Gelar Ketujuh Lewis Hamilton

Ini adalah gelar ketujuh Lewis Hamilton, menyamai rekor Michael Schumacher. Sebelum ini Lewis Hamilton menjadi juara dunia pada 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019.

Ini bukan kali pertama Hamilton melewati tinta emas Schumacher. Musim ini, Hamilton juga telah melewati catatan 91 kemenangan Michael Schumacher di Formula 1.

Ia mencatatkan kemenangan ke-92 di Formula 1 saat membalap di GP Portugal pada akhir Oktober.

2. Menjadi Juara dengan Memenangi Seri

Kemenangan Lewis Hamilton di Turki ini hanyalah yang ketiga dari tujuh gelar juara yang datang dengan sang pebalap menduduki tempat pertama di podium.

Hal tersebut terjadi sebelumnya pada 2014 dan 2015.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com