Tontowi Mundur, Benarkah Atlet Tak Dihargai oleh PBSI?

Kompas.com - 21/05/2020, 20:40 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad mengembalikan bola ke arah lawan asal Malaysia dalam partai final Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (8/7/2018). Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menang dengan skor 21-17 dan 21-8. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad mengembalikan bola ke arah lawan asal Malaysia dalam partai final Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (8/7/2018). Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menang dengan skor 21-17 dan 21-8.

KOMPAS.com - Beragam reaksi muncul setelah Tontowi Ahmad mengumumkan gantung raket pada Senin (18/5/2020).

Mulai dari reaksi terkejut karena tidak percaya hingga berbagi pengalaman seorang atlet memilih pensiun.

Salah satu alasan keputusan pensiun dari Tontowi tersebut tidak lain adalah status magang di pelatnas yang dia dapatkan.

Mantan pasangan Liliyana Natsir itu juga merasa tidak dihargai dengan prestasi yang dia buat tetapi mendapatkan status tersebut.

"Saya kaget dengan keputusan PBSI saat itu. Saya keberatan karena status magang biasanya untuk pemain junior yang mau masuk ke pelatnas," kata Tontowi.

Baca juga: Tontowi Mundur, Taufik Hidayat Kembali Beri Komentar Pedas

"Tahun lalu saya baru dicoba dengan satu pasangan (Winny). Saya masih kompetitif dan bisa mengalahkan pasangan 10 besar dunia. Saya tidak sejelek itu untuk dibuang," ujar Tontowi.

"Saya sebenarnya tidak mau membahas ini lagi. Saya juga tidak dendam. Seharusnya, PBSI bisa lebih menghargai pemain," jelasnya.

Mendengar kejadian itu, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro, turut angkat bicara.

Sony berbagi pengalamannya yang merasa tak dihargai oleh PBSI dan memilih keluar dari pelatnas pada tahun 2014.

Baca juga: Tontowi Ahmad Bersyukur Banyak Sosok Hebat dalam Perjalanan Kariernya

"Hampir setiap atlet yang keluar dari PBSI akan merasakan kejanggalan dalam proses degradasi," tutur Sony melalui akun Instagram pribadinya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X