Asal-usul Nama Gelora Bung Karno yang Pernah Diganti pada Era Soeharto

Kompas.com - 13/05/2020, 04:00 WIB
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di tempat duduk penonton di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2020). Kegiatan ini untuk meminimalisir penyebaran penyakit akibat virus Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas menyemprotkan cairan disinfektan di tempat duduk penonton di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2020). Kegiatan ini untuk meminimalisir penyebaran penyakit akibat virus Covid-19.

KOMPAS.com - Timnas Indonesia memiliki stadion kebanggaan bernama Stadion Utama Gelora Bung Karno ( SUGBK) di Jakarta.

SUGBK terletak di tengah kompleks Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno.

Kompleks Gelora Bung Karno berisikan stadiun utama, stadion skunder, lapangan sepak bola, stadion air, stadion tenis (indoor dan outdoor), lapangan hoki, bisbol dan panahan, serta beberapa gimnasium dalam ruangan.

Kompleks olahraga tersebut kali pertama dibangun pada tahun 1960 dan diresmikan pada tahun 1962 sebagai tempat pembukaan Asian Games ke IV.

Baca juga: GBK Jadi Stadion Terfavorit di Asia Tenggara

Dalam upacara pembukaan tersebut, Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno mengatakan, peristiwa ini merupakan tonggak sejarah bagi Indonesia khususnya di bidang olahraga.

Nama Gelora Bung Karno pertama diusulkan lewat perbincangan pagi hari antara Soekarno dengan Menpora Maladi, Mendagri dr. Soemarno Sosroatmodjo, Menteri Agama Saifuddin Zuhri menjelang peresmian.

Soekarno sebenarnya menamainya dengan Pusat Olah Raga Bung Karno.

Namun, kemudian membatalkannya gara-gara Saifuddin Zuhri yang merupakan ayah dari Menteri Agama era Jokowi 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin.

Baca juga: GBK Masuk Nominasi Stadion Termegah di Asia Tenggara Versi AFC

Dikutip dari otobiografi KH Saifuddin Zuhri: Berangkat dari Pesantren (2013), ceritanya, saat itu Soekarno tengah membahas nama kompleks olahraga itu bersama para menteri di serambi belakang Istana.

Saifuddin saat itu menyanggah nama Pusat Olah Raga Bung Karno dan mengusulkan usulan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X