GBK Masuk Nominasi Stadion Termegah di Asia Tenggara Versi AFC

Kompas.com - 02/05/2020, 19:20 WIB
Pesepak bola timnas Indonesia, Alberto Goncalves melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesepak bola timnas Indonesia, Alberto Goncalves melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

KOMPAS.com - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam daftar stadion termegah di Asia Tenggara (ASEAN) versi Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC).

Dalam voting melalui laman resmi AFC yang dimulai pada Jumat (1/5/2020), GBK bersaing dengan stadion-stadion megah lain yang berada di kawasan ASEAN.

Selain GBK, dalam voting tersebut AFC juga menyertakan Stadium Australia (Australia), Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia), Stadion My Dinh (Vietnam), dan juga Stadion Rajamangala (Thailand).

AFC menulis, GBK merupakan stadion yang sangat menakjubkan.

Baca juga: GBK Tutup Selama PSBB, Kendaraan Dilarang Masuk

AFC menyebut stadion yang terletak di DKI Jakarta itu sebagai salah satu ikon Indonesia serta merupakan salah satu venue olahraga paling unik.

Salah satu bagian yang menjadi sorotan AFC adalah atap ikonik GBK yang disebut sebagai atap "temugelang" berbentuk oval yang menutupi seluruh tribune.

Selain digunakan untuk menggelar laga sepak bola, stadion berkapasitas 80.000 penonton itu juga difungsikan untuk menghelat pertandingan cabang olahraga lain.

GBK yang mulai dibuka pada 1962 tercatat pernah menjadi tuan rumah event olahraga dan sepak bola internasional, di antaranya Asian Games 1962 dan 2018 serta Piala Asia 2007.

Baca juga: Kiper Persija Jakarta Merindukan Atmosfer Stadion Utama GBK

Selain itu, stadion yang menjadi kandang timnas Indonesia dan Persija Jakarta itu juga pernah tiga kali menjadi venue Piala AFF (2002, 2004, 2008) dan AFC U-19 Championship 2018.

Pada 2018, dilakukan renovasi besar-besaran di Stadion GBK untuk menyambut Asian Games 2018.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X