AFC Kenang Kekalahan Telak Persik di Liga Champions Asia, Ada Andil Shin Tae-yong

Kompas.com - 12/05/2020, 10:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand.

KOMPAS.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengenang sebuah pertandingan AFC Champions League atau Liga Champions Asia musim 2004 yang antara Persik Kediri dan mantan klub Shin Tae-yong, Seongnam Ilhwa Chunma.

Persik tampil di Liga Champions Asia 2004 setelah musim sebelumnya sukses menjuarai Liga Indonesia.

Di pentas Liga Champions Asia 2004, klub berjuluk Macan Putih itu tergabung di Grup G bersama Seongnam Ilhwa Chunma (Korea Selatan), Yokohama F.Marinos (Jepang), dan Binh Dinh (Vietnam).

Salah satu laga yang berakhir pahit bagi Persik adalah ketika mereka digilas 15 gol tanpa balas oleh Seongnam Ilhwa Chunma (sekarang Seongnam FC) pada matchday ke-5 fase grup.

Uniknya, salah satu pencetak gol Seongnam waktu itu adalah pelatih timnas Indonesia saat ini, yaitu Shin Tae-yong.

Baca juga: Media Vietnam Sebut Shin Tae-yong Bakal Dipecat jika Gagal Juara Piala AFF 2020

Persik bertandang ke markas Seongnam, Tancheon Sports Complex, pada 11 Mei 2004.

Macan Putih ketika itu diperkuat oleh pemain-pemain yang sebelumnya sukses membawa mereka menjadi juara, seperti sang kapten Harianto, Suswanto, Bamidele Frank Bob Manuel, dan Juan Carlos Tapia, serta diarsiteki oleh Jaya Hartono.

Persik tak mampu berbuat banyak di hadapan Seongnam. Laga baru berjalan tiga menit, gawang mereka sudah dijebol oleh Jasenko Sabitovic.

Dua menit kemudian, Seongnam menggandakan keunggulan melalui Adhemar. Shin Tae-yong kemudian menambah gol tuan rumah pada menit ke-12.

Kebobolan tiga gol dalam tempo 12 menit seolah meruntuhkan mental Harianto dkk.

Baca juga: Pelatih Persik Latihan bersama Anak untuk Sempurnakan Metode

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X