Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-jenis Simpul Makrame

Kompas.com - 16/10/2023, 02:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kerajinan makrame adalah kerajinan yang terbuat dari benang atau tali dengan menggunakan teknik simpul menyimpul. Kerajinan ini juga sering disebut dengan handmade atau kerajinan tangan.

Makrame dapat diartikan sebagai bentuk seni kerajinan simpul menyimpul dengan menggarap rantaian benang dari awal hingga akhir suatu hasil tenunan.

Dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut, maka akan menciptakan serta menghasilkan suatu rangkaian bentuk yang memiliki nilai estetis. 

Seni makrame terdiri dari berbagai macam simpul, di mana terdapat simpul dasar dan pengembangannya. Beragam simpul tersebut memperkaya inovasi dan kreasi untuk menciptakan sebuah produk dari seni makrame.

Setiap jenis simpul memiliki keunikan dan tingkat kerumitannya tersendiri, sehingga proses membuat simpul harus dikerjakan dengan ketelitian yang tinggi.

Untuk dapat mengetahuinya, berikut jenis-jenis simpul dalam kerajinan makrame:

Baca juga: Pengertian Seni Kriya, Jenis, dan Contohnya

Simpul kepala

Cara membuat simpul kepala adalah dengan cara merentangkan tali sebagai tempat untuk menyimpulkan simpul kepala.

Umumnya simpul-simpul ini dibuat berulang dengan jumlah sesuai kebutuhan, dan berantai ke samping untuk memperlebar jarak antar tali.

Simpul rantai

Jenis simpul yang tak beraturan disebut dengan simpul rantai, yaitu dengan menggunakan tali yang sebagai tali garapan dan sebagai tali pasangan kemudian digunakan secara bergantian.

Cara membuat simpul rantai adalah dengan membuat simpul jangkar terlebih dahulu, kemudian lingkarkan tali garapan dengan tali pasangan secara bergantian dan berulang hingga mencapai panjang yang diinginkan.

Baca juga: Seni Makrame: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

Simpul mati

Simpul ini dikatakan simpul mati karena ikatannya sangat kuat sehingga sulit dibuka. Pada simpul mati, tali sengaja diikat dengan sangat kuat agar ikatannya tidak mudah dibuka.

Simpul mati ini berbeda dengan simpul lainnya atau yang disebut simpul hidup. Sebab pada simpul hidup meski diikat kuat, tetapi masih cukup mudah untuk dibuka kembali.

Simpul tunggal

Simpul tunggal dianggap sebagai simpul yang sederhana dan mudah dipraktikkan. Ciri khas simpul tunggal yaitu menghasilkan tampilan seperti tangga, di mana variasi bentuknya dapat diputar ke kanan atau ke kiri. Simpul ini dapat diterapkan untuk menghasilkan berbagai variasi yang menarik.

Baca juga: Penggolongan Benang Tekstil

Simpul ganda

Simpul ganda adalah teknik menyimpul dengan cara menyisipkan dua utas tali. Untuk membuat simpul ganda, sebaiknya gunakan dua utas tali dengan warna berbeda, agar jalinan kedua utas tali tersebut tampak jelas.

Simpul gordin

Simpul yang dibuat pertama kali dalam pembuatan makrame disebut simpul gordin. Simpul gordin merupakan deretan simpul yang hampir menyerupai garis yang bergandengan terputus-putus.

Simpul ini dapat dibuat dalam berbagai kreasi seperti vertikal, diagonal dan horizontal. Simpul gordin biasanya digunakan dalam membuat variasi ikatan dalam membuat gorden, tirai atau partisi ruangan.

Baca juga: Jenis-Jenis Seni Kriya

 

Referensi:

  • Agnes Hansella. 2018. Macrame: Kreasi Tali Untuk Dekorasi Rumah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Asriyani, Indah. 2013. Inspirasi Macrame. Surabaya : Tiara Aksa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com