Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mata Pencarian Penduduk Thailand

Kompas.com - 14/08/2023, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang turut tergabung dalam organisasi ASEAN.

Mayoritas wilayah negara ini dialiri sungai Chao Phraya dengan panjang sekitar 327 kilometer. Tak mengherankan, jika wilayah daratan Thailand sangatlah subur.

Kegiatan ekonomi penduduk Thailand

Pratunam Market Bangkok ThailandShutterstock/Brostock Pratunam Market Bangkok Thailand

Dilansir dari situs Britannica, pola permukiman yang dominan di Thailand adalah pedesaan, di mana mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani.

Pada abad ke-20, masyarakat pedesaan mulai bermigrasi ke perkotaan. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa desa adalah tempat tinggal utama mereka.

Sebutkan mata pencaharian penduduk Thailand

Dikutip dari situs Investopedia, mata pencarian penduduk Thailand terbagi menjadi tiga sektor utama, yaitu pertanian, manufaktur, dan jasa.

Baca juga: Hasil Utama Pertambangan Thailand

Meski telah mengalami pergolakan dan ketidakstabilan ekonomi dalam beberapa waktu, Thailand berhasil bangkit dan menjadi negara berpenghasilan menengah.

Sebagian besar penduduk Thailand bekerja sebagai petani. Sudah sejak 1960-an, sektor pertanian negara ini terus berkembang.

Hal ini turut didorong dengan pemanfaatan tenaga kerja dan lahan tidak terpakai. Bahkan sektor ini berhasil menyerap sebesar 70 persen populasi pekerja.

Tak hanya pertanian, sektor industri dan manufaktur di Thailand juga berkembang dengan sangat pesat.

Penyumbang terbesarnya adalah konstruksi, listrik, air, dan gas. Pada 2021, keempat sektor tersebut menyumbang 35 persen PDB (Produk Domestik Bruto) negara itu.

Terakhir, mata pencarian penduduk Thailand bergerak di sektor pelayanan jasa. Diperkirakan, sektor ini berhasil menyumbang sebesar 56 persen PDB Thailand.

Baca juga: Hasil Utama Pertanian Thailand

Beberapa sektor yang termasuk dalam pelayanan jasa ialah transportasi, perdagangan grosir dan eceran, serta kegiatan pariwisata.

Semua kegiatan ekonomi penduduk Thailand ini juga ditunjang dengan kegiatan ekspor. Tanpa ekspor, pendapata nasional negara ini tak akan meningkat pesat.

Negara yang menjadi tujuan utama ekspor Thailand ialah Tiongkok, Jepang, Hong Kong, dan Vietnam. Adapun komoditas ekspor utamanya, yaitu:

  • Suku cadang mesin kantor
  • Emas
  • Mobil
  • Karet
  • Makanan.

Kesimpulannya, mata pencarian penduduk Thailand adalah di bidang pertanian, manufaktur (industri), dan jasa.

Baca juga: Mengapa Thailand Dijuluki Lumbung Padi di Asia Tenggara?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com