Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Bersaing: Pengertian, Konsep, Tujuan & Indikator

Kompas.com - 31/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Keunggulan bersaing pada dasarnya tumbuh dari nilai atau manfaat yang dapat diciptakan perusahaan bagi para pembelinya.

Bila perusahaan kemudian mampu menciptakan keunggulan melalui salah satu dari ketiga strategi generik tersebut, maka akan didapatkan keunggulan bersaing.

Dilansir dari jurnal Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (2016) oleh Hajar Siti dan I Putu Gde Sukaatmadja, keunggulan bersaing adalah strategi untuk menjadi lebih unggul dari pesaing.

Keunggulan bersaing atau competitive advantage merupakan jantung kinerja pemasaran untuk menghadapi persaingan.

Keunggulan bersaing seharusnya dilihat sebagai proses dinamis daripada sebagai hasil akhir. Didefinisikan juga sebagai proses yang terdiri atas sumber keunggulan, keunggulan posisi, dan prestasi hasil akhir serta investasi laba untuk mempertahankan keunggulan.

Baca juga: Konsep Teori Keunggulan Komparatif Milik David Ricardo

Tujuan keunggulan bersaing

Disadur dari buku Prinsip-Prinsip Pemasaran (2001) oleh Philip Kotler dan Gary Armstrong, terdapat lima tujuan keunggulan bersaing, sebagai berikut:

  • Membentuk suatu positioning yang tepat

Perusahaan berusaha untuk menunjukkan suatu image atau citra tersendiri mengenai perusahaan kepada pelanggan atau pasar sasaran.

  • Mempertahankan pelanggan/ loyalitas

Pelanggan yang setia bagaikan kekayaan untuk masa depan, yang jika dikelola dengan baik akan memberikan aliran pemasukan seumur hidup yang baik kepada perusahaan.

  • Mendapatkan pangsa pasar baru

Perusahaan berusaha untuk mendapatkan dan memperluas pangsa pasar dengan menggunakan strategi bersaing mereka masing- masing untuk meraih pasar seluas-luasnya.

  • Memaksimalkan penjualan

Proses untuk memaksimalkan laba atau keuntungan tergantung dari efektivitas strategi bersaingnya, selain itu juga tergantung pada seluruh sistem yang ada dalam perusahaan serta unit-unit fungsional lainnya.

  • Menciptakan kinerja bisnis yang efektif

Perusahaan harus menciptakan kinerja bisnis yang efektif, agar bisnis mereka dapat dikelola secara strategis.

Dengan mendefinisikan: kelompok pelanggan yang akan dilayani, kebutuhan pelanggan yang akan dipenuhi, serta teknologi yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Baca juga: Perbedaan Produk Perusahaan Jasa dan Dagang

Konsep keunggulan bersaing

Dilansir dari buku How Smart, Connected Products Are Transforming Competition (2014) oleh M.E Porter, keunggulan bersaing berkaitan dengan cara bagaimana perusahaan memilih dan benar-benar melaksanakan strategi generik dalam praktik.

Semua bagian yang ada di dalam organisasi, baik yang berupa sumber daya maupun aktivitas dapat menjadi keunggulan bersaing melalui tiga alternatif strategi: cost leadership, differentiation, atau focus.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com