Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Kajian Sosiologi: Material dan Formal

Kompas.com - 28/07/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sosiologi adalah ilmu sosial yang mengkaji masyarakat beserta interaksi dan kehidupan sosialnya.

Ilmu ini banyak digunakan untuk mempelajari juga menganalisis interaksi, masalah, dan fenomena sosial di masyarakat.

Apa saja obyek kajian sosiologi?

Obyek kajian sosiologi

Ilustrasi masyarakat di Kota Jeddah, Arab Saudi.Dok. Shutterstock/memomemory Ilustrasi masyarakat di Kota Jeddah, Arab Saudi.

Dilansir dari buku Pengantar Ilmu Sosial (2022) oleh Ryan Taufika dan Baihaqi Siddik, obyek kajian sosiologi adalah masyarakat.

Meski sebenarnya ada banyak aspek sosial yang bisa dikaji, obek kajian sosiologi yang paling utama tetaplah masyarakat.

Baca juga: Apa Saja Obyek Kajian Sosiologi?

Sebutkan objek kajian sosiologi

Dikutip dari Buku Ajar Antropologi dan Sosiologi (2020) karya Laksanto Utomo, objek kajian sosiologi dibagi menjadi dua, yakni obyek material dan formal.

  • Obyek material 

Meliputi suatu entitas, baik fisik maupun kultural. Obyek material sosiologi ialah gejala sosial dalam kaitannya dengan hubungan masyarakat.

Segala fenomena yang membentuk pola, dan melibatkan hubungan antarindividu, antarkelompok, dan individu dengan kelompok, merupakan obyek material sosiologi.

  • Obyek formal 

Berbeda dengan obyek material, objek kajian sosiologi ini lebih menekankan pada perspektif atau cara pandang ilmu pengetahuan.

Sosiologi mempelajari masyarakat yang saling berinteraksi satu sama lain. Sehingga interaksi, relasi, atau komunikasinya dijadikan sebagai obyek formal sosiaologi.

Dengan demikian, obyek formal sosiologi adalah interaksi sosial.

Baca juga: Obyek Formal Sosiologi, Apa Saja?

Berbicara tentang obyek kajian sosiologi, tiga ahli ternama, seperti Karl Marx, Emile Durkheim, dan Max Weber memiliki pendapatnya masing-masing.

Menurut Karl Marx, obyek kajian sosiologi adalah konflik kepentingan antarkelas yang diekspresikan lewat perjuangan kaum proletar terhadap borjuis.

Sementara itu, Emile Durkheim menjelaskan bahwa baginya, gejala sosial yang disebut sebagai fakta sosial adalah objek kajian sosiologi.

Terakhir, Max Weber mengemukakan bahwa menurutnya, obyek kajian sosiologi itu terletak pada aspek tindakan sosial.

Berdasarkan penjelasan di atas, memang ada banyak pendapat berbeda soal objek kajian sosiologi. Namun, inti dari semuanya itu tetaplah masyarakat.

Dengan demikian, obyek kajian sosiologi adalah masyarakat beserta gejala, tindakan, hubungan, interaksi, dan konfliknya.

Baca juga: Obyek Material dalam Ilmu Sosiologi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com