Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Prososial Menurut Ahli

Kompas.com - 30/06/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pada dasarnya manusia mampu melakukan tindakan kekerasan dan mampu melakukan kebaikan, murah hati, tolong-menolong, saling berbagi, dan lembut hati.

Sikap dan tindakan tersebut dikategorikan sebagai perilaku prososial. Perilaku prososial merupakan salah satu aspek perkembangan pada anak.

Berikut pengertian prososial menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Brigham

Prososial merupakan perilaku untuk menyokong kesejahteraan orang lain. Perilaku prososial mengandung unsur kedermawan, persahabatan atau pertolongan yang diberikan orang lain.

  • Menurut Nancy Eisenberg dan Paul H. Mussen

Dilansir dari bukunya The Roots of Prosocial Behavior in Children (1989), perilaku prososial adalah tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk membantu atau menguntungkan orang lain atau sekelompok orang.

Perilaku prososial dilakukan secara sukarela bukan merupakan paksaan meski tindakan prososial memiliki konsekuensi positif bagi orang lain.

Baca juga: Stratifikasi Sosial: Pengertian dan Contohnya

  • Menurut Baron dan Byne

Dalam bukunya Psikologi Sosial (2005), Baron dan Byrne mengatakan bahwa perilaku prososial merupakan suatu tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa harus menyediakan suatu keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut.

  • Menurut Stewart dan Parke

Dikutip dari bukunya Social Development (2011), perilaku prososial adalah perilaku yang bermanfaat bagi orang lain, dan anak yang menunjukkan perilaku ini biasanya memiliki kemungkinan kecil untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri.

  • Menurut Caprara dan Steca

Perilaku prososial merupakan perilaku membantu orang lain seperti berbagi, menyumbang, peduli, menghibur, dan menolong.

  • Menurut Ormrod

Perilaku prososial didefinisikan sebagai perilaku yang ditujukan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, lebih dari bagi diri sendiri.

  • Menurut Ramanyang

Perilaku prososial adalah tindakan yang menguntungkan orang lain atau masyarakat secara umum.

  • Menurut Rushton

Prososial berkisar dari tindakan altruisme (menolong) yang tidak mementingkan diri sendiri atau tanpa pamrih, sampai tindakan menolong yang sepenuhnya dimotivasi oleh kepentingan diri sendiri.

Baca juga: Bentuk Dukungan Sosial Menurut Ahli

  • Menurut Jayanti

Prososial mengacu pada tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk membantu atau memberikan manfaat untuk individu lain atau kelompok individu.

Walaupun tindakan prososial dimaksudkan untuk memberikan konsekuensi positif untuk orang lain, namun perilaku prososial dapat dilakukan untuk berbagai alasan, misalnya untuk mendapatkan reward.

  • Menurut Staub

Prososial didefinisikan sebagai tindakan sukarela dengan mengambil tanggung jawab mensejahterakan orang lain.

Staub menambahkan perlunya kesesuaian perilaku yang ditampilkan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, karena memang perilaku prososial merupakan perilaku sosial yang positif yang diterima oleh masyarakat

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com