Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Cerita: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 30/06/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKonflik cerita biasanya dialami oleh dua tokoh yang berseberangan, yakni tokoh protagonis dan antagonis.

Dalam sebuah cerita, konflik menjadi salah satu hal yang mampu menarik perhatian pembaca atau penonton.

Apa itu konflik cerita?

Pengertian konflik cerita

Dikutip dari buku Teori Pengkajian Fiksi (2018) oleh Burhan Nurgiyantoro, konflik cerita adalah hal-hal tidak menyenangkan yang dialami tokoh dalam cerita.

Konflik cerita adalah sesuatu yang dramatis, dan mengacu pada pertarungan kedua belah pihak yang memiliki kekuatan sama.

Baca juga: Pengertian Tokoh Antagonis, Protagonis, dan Tritagonis

Dilansir dari jurnal Analisis Konflik Tokoh Utama dalam Novel Terusir Karya Hamka menggunakan Kajian Psikologi Sastra (2017) oleh Andrean, berikut pengertian konflik cerita:

"Konflik cerita adalah salah satu unsur pembangun dalam suatu karya sastra yang berhubungan dengan tokoh, alur, dan latar."

Pada dasarnya, tiap cerita, entah itu novel maupun cerpen, pasti membutuhkan konflik. Sebab, tanpa konflik, cerita akan terasa hambar dan tidak jelas alurnya.

Kesimpulannya, pengertian konflik cerita adalah permasalahan atau percekcokan yang dialami tokoh protagonis dan antagonis.

Bisa juga diartikan bahwa konflik cerita adalah unsur pembangun dalam karya sastra yang membuat sebuah cerita menjadi lebih menarik dan jelas alurnya.

Baca juga: Tokoh Antagonis: Pengertian dan Fungsinya

Contoh konflik cerita

Agar kamu lebih mudah memahaminya, simak contoh konflik cerita di bawah ini:

Andini adalah seorang perempuan yang baik hatinya, tidak sombong, dan sopan tutur katanya. Ia memiliki kakak yang berlainan sifatnya dengan ia.

Jelita, ia tak seelok yang dibayangkan orang. Kakak Andini ini memiliki sifat yang sombong, selalu mengutamakan dirinya, dan tidak mau mendengar apa kata orang lain.

Kedua kakak beradik ini memiliki sifat yang jauh berbeda.

Pada suatu hari, Andini tidak sengaja merusak barang milik Jelita. Andini panik, karena pasti kakaknya akan mengadukan hal tersebut kepada orangtua mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com