Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Penerimaan Diri Menurut Ahli

Kompas.com - 14/06/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dalam kamus filsafat psikologi, penerimaan diri (self acceptance) merupakan dukungan atau sambutan diri.

Penerimaan dari seseorang dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan

Dilansir dari buku Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan (2019) oleh Edi Harapan dan teman-teman, penerimaan diri adalah memiliki penghargaan yang tinggi terhadap diri sendiri, atau lawannya tidak bersikap sinis terhadap diri sendiri.

Penerimaan diri berkaitan dengan tiga hal, yakni:

  • Kerelaan seseorang untuk membuka atau mengungkapkan aneka pikiran, perasaan, dan reaksinya terhadap orang lain.
  • Kesehatan psikologis
  • Penerimaan terhadap orang lain

Baca juga: Mengenali Kelebihan dan Kekurangan pada Diri Sendiri

Berikut beberapa pengertian penerimaan diri menurut ahli, yaitu:

Menurut Schultz

Penerimaan diri adalah menerima semua segi yang ada pada dirinya, termasuk kelemahan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan serta tidak menyerah kepada kelemahan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan tersebut.

Individu yang menerima dirinya juga merupakan individu-individu yang sehat, mampu hidup sesuai kodrat manusia dengan adanya konflik dalam diri atau masyarakat, serta berusaha bekerja dan memperbaiki diri menjadi lebih baik dari sebelumnya

Menurut Hurlock

Disadur dari buku Workshop Penerimaan Diri (2022) oleh Muhammad Adam Hussein, Hurlock menjelaskan penerimaan diri adalah suatu tingkat kemampuan dan keinginan individu untuk hidup dengan segala karakteristik dirinya.

Individu yang dapat menerima dirinya diartikan sebagai individu yang tidak bermasalah dengan dirinya sendiri, yang tidak memiliki beban perasaan terhadap diri sendiri sehingga individu lebih banyak memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Menurut Ryff

Penerimaan diri adalah sebagai individu yang memiliki pandangan positif tentang dirinya, mengakui dan menerima segi yang berbeda dari dirinya sendiri.

Menurut Chaplin

Penerimaan diri merupakan sikap rasa puas pada kualitas dan bakat, serta pengakuan akan keterbatasan diri.

Pengakuan keterbatasan diri tidak diikuti dengan perasaan malu ataupun bersalah. Individu ini akan menerima kodrat mereka apa adanya.

Baca juga: Manfaat Hidup Rukun bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Menurut Jersild

Penerimaan diri adalah penilaian yang realistis terhadap kemampuan seseorang yang berkesinambungan dengan penghargaan terhadap keberhargaan dirinya, jaminan dirinya tentang batasan (standar) pendiriannya tanpa merasa direndahkan oleh opini orang lain dan penilaian realistis dari keterbatasan dirinya tanpa menyalahkan dirinya secara tidak rasional.

Menurut Allport

Orang yang menerima dirinya adalah orang-orang yang memiliki gambaran yang positif tentang dirinya, dapat mengatur dan dapat bertoleransi dengan keadaan emosi, dapat berinteraksi dengan orang lain, memiliki persepsi yang realistik dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com