Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan: Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 16/05/2023, 12:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Sebagaimana diketahui, pelabuhan merupakan sarana penting bagi transportasi perairan baik sungai, danau maupun di laut.

Dengan adanya transportasi ini maka jarak tempuh yang dibutuhkan akan lebih cepat, terutama bagi perkembangan ekonomi suatu daerah.

Dikutip dari buku Karakteristik Pelabuhan Penyeberangan (2022) oleh Irwan dan kawan-kawan, pelabuhan diartikan sebagai daerah perairan yang terlindung terhadap gelombang atau arus, sehingga kapal dapat berputar, bersandar atau membuang sauh sehingga bongkar muat atas barang dan perpindahan penumpang dapat dilakukan.

Untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut, di bangun dermaga, jalan, gudang, fasilitas penerangan, telekomunikasi dan sebagai sehingga fungsi pemindahan muatan dari/ke kapal yang bersandar di pelabuhan menuju tujuan selanjutnya.

Baca juga: Jenis Kapal berdasarkan Alat Penggerak Utama

Fungsi-fungsi pelabuhan

Ada beberapa fungsi pelabuhan menurut ahli, di antaranya:

Fungsi pelabuhan menurut Lasse

Dilansir dari buku Manajemen Kepelabuhan (2011) karya Lasse, ada empat fungsi pelabuhan, yaitu:

  • Fungsi gateway

Gateway yaitu pelabuhan berfungsi sebagai pintu yang dilalui orang dan barang ke dalam maupun ke luar pelabuhan yang bersangkutan. Disebut sebagai pintu karena pelabuhan jalan atau arena resmi bagi lalu lintas barang perdagangan.

  • Fungsi link

Link yaitu berfungsi sebagai mata rantai (link) yang menjadi penghubung rangkaian transportasi. Pada fungsinya sebagai link ini terdapat tiga unsur penting yakni:

    1. Menyalurkan atau memindahkan barang muatan dari kapal ke truk
    2. Operasi pemindahan berlangsung cepat artinya minimum delay
    3. Efisien dalam arti biaya
  • Fungsi interface (antarmuka)

Interface yaitu barang muatan yang diangkut melalui maritime transport setidaknya melalui dua kali, yakni di pelabuhan muat dan satu kali di pelabuhan bongkar, kemudian barang diangkut menggunakan berbagai fasilitas dan peralatan mekanis maupun non mekanis.

  • Fungsi industrial entity

Industrial Entity yaitu pelabuhan yang diselenggarakan dengan baik akan bertumbuh dan akan menyuburkan bidang usaha lain sehingga area pelabuhan menjadi zona industri terkait dengan kepelabuhanan.

Baca juga: Kapal Fiberglass: Pengertian dan Metode Pembuatan

Menurut Benny Agus Setiono

Dalam jurnalnya yang berjudul Peranan Fasilitas Pelabuhan Dalam Menunjang Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Tanjung Perak (2011), dijelaskan empat fungsi pelabuhan, yakni:

  • Tempat pertemuan

Tempat Pertemuan yaitu pelabuhan merupakan tempat pertemuan dua moda transportasi utama, yaitu darat dan laut serta berbagai kepentingan yang saling terkait.

Barang-barang yang diangkut dengan kapal laut akan dibongkar dan dipindahkan ke angkutan darat seperti truk dan kereta api.

Dan, sebaliknya barang- barang yang diangkut dengan truk atau kereta api di pelabuhan dibongkar dan dimuat ke kapal.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com