Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Danau di Provinsi Bali

Kompas.com - 21/04/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Bali merupakan provinsi yang kaya akan pemandangan alamnya. Selain pantai, Bali juga memiliki beberapa danau yang indah. Berikut empat danau yang ada di Bali, yaitu:

Danau Tamblingan

Danau ini terletak di kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar.

Di sebelah timur berturut-turut terdapat Danau Buyan dan Danau Beratan. Sebagai salah satu obyek wisata alam, Danau Tamblingan tidak dikembangkan ke arah pariwisata modern demi menjaga kelestarian alam dan lingkungannya.

Daya tarik utama tempat ini adalah terdapat banyak pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban.

Selain itu ada kebudayaan Bali, khususnya menyangkut pembentukan dan perkembangan Desa Dalem Tamblingan yang konon terkubur oleh letusan Gunung Lesung yang terletak di sebelah barat danau tersebut. 

Akibatnya, masyarakat yang selamat mengungsi ke arah barat kemudian membentuk empat desa yang memiliki ikatan kekerabatan secara adat yang disebut Catur masih desa, meliputi Desa Munduk, Desa Gobleg, Desa Gesing, dan Desa Umejero.

Baca juga: Tradisi Pemakaman Ngaben di Bali

Danau Buyan, Bedugul, Balicommons.wikimedia.org/yeowatzup Danau Buyan, Bedugul, Bali

Danau Buyan

Danau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. la diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat Pano dan Danau Beratan di timur. 

Danau Buyan adalah yang terbesar dari ketiganya. Di antara danau Buyan dan Tamblingan yang terpisahkan oleh hutan sepanjang kurang lebih satu kilometer, terdapat sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau Buyan melalui sebuah kanal sempit. Oleh masyarakat kolam ini dinamakan Telaga Aya.

Pura Urun Danu Bratan, Bedugul, BaliDok. Humas Kementerian Pariwisata RI Pura Urun Danu Bratan, Bedugul, Bali

Danau Beratan

Danau Beratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Tamblingan dan Buyan, yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar.

Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata Pulau Bali.

Baca juga: Mengenal Kesenian Unik Masyarakat Bali dan Lombok

Pemandangan Gunung Batur (1.717 mdpl) dengan latar depan permukaan air Danau Batur, yang merupakan danau di kaldera pada ketinggian 1.050 mdpl. Permukaan air Danau Batur seluas 16.05 KM2 terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Pemandangan Gunung Batur (1.717 mdpl) dengan latar depan permukaan air Danau Batur, yang merupakan danau di kaldera pada ketinggian 1.050 mdpl. Permukaan air Danau Batur seluas 16.05 KM2 terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Danau Batur

Danau Batur letaknya di kaki Gunung Batur. Danau Batur terjadi dari sebuah kaldera (kawah gunung berapi) purba.

Gunung Batur merupakan sisa dari sebuah gunung raksasa yang di dalam mitologi Hindu dipercaya merupakan bagian dari puncak Gunung Mahameru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com