Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2023, 07:00 WIB

KOMPAS.com - BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) adalah istilah untuk program pembelajaran bahasa Indonesia yang dikhususkan untuk warga asing.

Program BIPA menjadi populer dan semakin diminati sejak terbukanya perdagangan bebas.

BIPA merupakan pembelajaran bahasa Indonesia yang subyeknya adalah pembelajar atau murid asing. Pembelajaran BIPA menjadikan orang asing (pembelajar) dapat menguasai bahasa Indonesia atau mampu berbahasa Indonesia. 

BIPA menjadi program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia, mulai dari berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan bagi penutur asing. 

Bahan ajarnya, seperti metode pembelajaran dan media belajar audio visual dirancang secara khusus. Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, beberapa misi dari BIPA adalah: 

  • Memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia di dunia internasional dalam rangka meningkatkan citra Indonesia di luar negeri. 
  • Meningkatkan kerja sama yang lebih erat dan memperluas jaringan kerja dengan lembaga-lembaga penyelenggaa pembelajaran BIPA, baik dalam maupun luar negeri. 
  • Memberikan dukungan dan fasilitas terhadap lembaga-lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun luar negeri. 
  • Meningkatkan mutu pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri
  • Meningkatkan mutu sumber daya penyelenggara pembeljaran BIPA di dalam dan luar negeri. 

Baca juga: Konjungsi dalam Bahasa Indonesia

Fungsi BIPA

Materi ajar bahasa Indonesia merupakan sumber utama yang diajarkan di dalam lembaga-lembaga kursus BIPA. Biasanya pelajarnya terdiri adalah orang-orang asing.

Dalam kaitan itu, bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana komunikasi dan sebagai alat untuk memahami berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat Indonesia, baik aspek ilmu pengetahuan, politik, ekonomi, maupun seni budaya Indonesia. 

Badan bahasa juga memiliki fungsi dalam kegiatan BIPA untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia, fungsi itu terkait dengan mengajarkan  bahasa Indonesia kepada penutur asing.

Dalam BIPA pelajar belajar memahami lintas budaya tentang negara-negara tetangga dalam budaya. 

Tujuan pembelajaran

Tujuan pengajaran BIPA adalah agar dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+