Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Komodo Bisa Berenang?

Kompas.com - 26/02/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comKomodo adalah kadal terbesar di dunia. seperti yang kita ketahui, kadal adalah perenang yang andal. Namun, Apakah komodo bisa berenang?

Jawabannya adalah komodo bisa berenang. Kadal raksasa ini memiliki kemampuan berenang yang hebat.

Komodo memiliki ekor panjang dan kuat yang bekerja seperti dayung ketika sedang berenang, mirip dengan yang dilakukan oleh buaya.

Dilansir dari Forest Wildlife, komodo dapat dengan mudah berenang sejauh 1.000 kaki (304,8 meter) tanpa istirahat.

Baca juga: Komodo, Hewan Asli Indonesia yang Dilindungi

Sejauh ini diketahui komdo berenang dipermukaan air. Namun, tidak dapat diketahui apakah komodo dapat berenang di bawah air seperti yang baya lakukan atau tidak.

Kemampuan berenang komodo didukung oleh bukti awal keberadaannya. Dilansir dari National Geographic, sekitar puluhan ribu tahun yang lalu komodo ditemukan di wilayah yang jauh lebih luas yaitu tersebar di seluruh Indo-Australia.

Namun, komodo bermigrasi juga berenang menempati wilayah yang lebih kecil dari seperti sekarang.

Baca juga: Hewan Mamalia yang Menggunakan Sirip untuk Berenang

Komodo tidak suka meninggalkan kampung halaman

Kemampuan komodo dalam berenang menjadi pertanyaa. Jika kadal predator dengan gigitan yang mematikan tersebut dapat berenang, bukankah seharusnya mereka sudah tersebar ke berbagai wilayah di dunia?

Karena pada dasarnya, komodo memiliki kemampuan navigasi yang bagus dan kemampuan predasi yang mengguli hewan lain di wilayah baru.

Para ilmuan menemukan fakta bahwa komodo enggan bermigrasi dan meninggalkan kampung halamannya.

Dilansir dari American Association for the Advancement of Science, ketika para ilmuan membawa komodo beberapa kilometer jauhnya dari rumah mereka, komodo akan menemukan jalan pulanng bahkan jika harus berenang antar pulau.

Baca juga: Apex Predator: Hewan yang Menduduki Puncak Rantai Makanan

Juga fakta bahwa komodo tidak menginvansi pulau baru lain dengan kemampuan berenangnyayang andal menambah anggapan bahwa kadal raksasa ini enggan meninggalkan kampung halamannya.

Alasan mengapa komodo enggan bermigrasi belum diketahui. Namun, para ilmuan berspekulasi bahwa komodo menganggap rumahnya menyediakan makanan, air, kualitas pasangan, dan juga lingkungan yang baik.

Di mana tempat baru belum tentu memiliki sumber daya yang sama bagusnya.

Sehingga, komod lebih suka menetap di daerah asalnya daripada bermigrasi ke daerah lain terlepas dari kemampuan navigasi, migrasi, dan juga predasinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com