Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warisan Budaya: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 09/01/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Kita kerap mendengar bahwa suatu tempat atau suatu acara merupakan warisan budaya. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan warisan budaya? Untuk memahaminya, berikut pengertian, jenis, dan contoh warisan budaya!

Pengertian warisan budaya

Dilansir dari Heritage for Peace, warisan budaya adalah ekspresi cara hidup yang dikembangkan oleh suatu komunitas dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Warisan budaya adalah peninggalan yang merepresentasikan sistem nilai, kepercayaan, tradisi, gaya hidup, dan jejak-jejak suatu kebudayaan yang terus-menerus diwariskan dari masa lalu hingga masa sekarang.

Baca juga: Bagaimana Cara Agar Warisan Budaya Tetap Lestari?

Dilansir dari Humanities Libretexts, warisan budaya menyiratkan ikatan bersama milik suatu komunitas yag mewakili sejarah juga identitas komunitas tersebut pada masa lalu, masa kini, maupun masa depan.

Jenis-jenis warisan budaya

Warisan budaya terdiri dari dua jenis, yaitu warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda. Berikut adalah penjelasan keduanya!

Warisan budaya benda

Warisan budaya benda adalah warisan budaya berupa benda-benda material atau fisik yang dapat dilihat dan juga diraba.

Baca juga: Batik, Warisan Budaya Dunia

Contoh warisan budaya benda adalah candi, keris, batik, wayang, angklung, perahu pinisi, noken (tas tradisional masyarakat Papua), gamelan, lukisan, gambar, cetakan, mozaik, buku, situs sejarah, dan juga patung.

Warisan budaya tak benda

Dilansir dari Khan Academy, warisan budaya tidak terbatas pada benda-benda material saja. Melainkan juga termasuk unsur non materi (non fisik) yang tidak dapat diraba.

Misalnya tradisi, sejarah lisan, praktik sosial, seni pertunjukkan, keahlian tradisional, dan pengetahuan yang di dalamnya terkandung nilai-nilai budaya dan diteruskan dari generasi ke generasi.

Contoh warisan budaya tak benda adalah lagu dan musik tradisional, bahasa, tarian tradisional, upacara adat, perayaan adat, ritual, perayaan, tradisi tenun, permainan tradisional, keterampilan, kemahiran, dan kerajinan tradisional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com