Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stratifikasi Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 23/12/2022, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Stratifikasi ekonomi merupakan salah satu bentuk stratifikasi sosial yang terjadi dalam bidang ekonomi.

Adapun yang dimaksud stratifikasi sosial adalah penggolongan masyarakat ke dalam beberapa kelas yang disusun bertingkat.

Berikut penjelasan tentang stratifikasi ekonomi:

Pengertian stratifikasi ekonomi

Menurut Kamanto Sunarto dalam buku Pengantar Sosiologi (2004), stratifikasi ekonomi disebut juga economic stratification.

Adalah stratifikasi yang membedakan masyarakat berdasarkan penguasaan materi dan kepemilikan harta benda seseorang.

Baca juga: Stratifikasi Sosial: Arti, Dasar, dan Jenisnya

Sesuai namanya, stratifikasi sosial ekonomi membagi masyarakat menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan ekonominya.

Dikutip dari buku Antropologi dan Sosiologi Pendidikan (2021) oleh Erdinson Simbolon dkk, stratifikasi ekonomi biasanya mencakup pendapatan, kekayaan, dan pekerjaan.

Orang dengan kemampuan ekonomi yang tinggi akan berada di lapisan teratas. Sebaliknya, mereka yang kurang mampu, akan menduduki lapisan terbawah.

Contoh stratifikasi ekonomi

Salah satu hal yang perlu diingat dari jenis stratifikasi sosial ini adalah bersifat terbuka.

Dilansir dari buku Sistem Sosial Budaya Indonesia (2020) karya Ciek Julyati Hisyam, stratifikasi ekonomi bersifat terbuka berarti seseorang sangat mungkin berpindah lapisan kelas.

Contohnya A adalah orang yang kurang mampu. Namun, karena usaha kerasnya, ia kemudian menjadi orang kaya dan akhirnya naik ke lapisan ekonomi teratas.

Baca juga: Pengertian Stratifikasi Sosial dan Jenis-jenisnya

Berikut beberapa contoh stratifikasi ekonomi:

  • Pembagian kelompok masyarakat, si kaya dan si miskin
  • Orang kaya sering menggunakan pakaian serta produk mewah, sedangkan orang kurang mampu sangat sulit memenuhi kebutuhan hidupnya
  • Orang kaya kebanyakan bekerja sebagai pemimpin perusahaan, sedangkan orang kurang mampu biasanya bekerja sebagai pemulung dan pengemis
  • Pendapatan orang kaya bisa dihabiskan untuk memenuhi keinginannya. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu, pendapatannya dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com