Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Energi Apa Saja yang Termasuk Energi Kinetik?

Kompas.com - 09/12/2022, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comEnergi kinetik adalah jenis energi yang berasal dari gerak. Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan energi kinetik untuk bergerak. Namun, tahukah kamu energi apa saja yang termasuk energi kinetik?

Energi yang termasuk energi kinetik adalah energi panas, bunyi, cahaya, listrik, dan juga radiasi.

Energi panas

Energi yang termasuk energi kinetik adalah energi panas atau energi termal. Dilansir dari Chemistry LibreTexts, energi panas adalah bentuk energi kinetik yang dihasilkan dari gerakan acak atom dan molekul.

Ketika atom bergerak dengan lebih cepat, atom membawa energi kinetik rata-rata yang kemudian kita kenal sebagai panas.

Baca juga: Sumber-Sumber Energi Panas

Energi bunyi

Energi bunyi atau suara juga adalah energi yang termasuk energi kinetik. Hal tersebut karena energi bunyi berasal dari gerakan berupa getaran yang merambat.

Di mana getaran tersebut membawa energi melalui gelombang yang kemudian menggetarkan udara dan menjadi bunyi yang kita dengar.

Energi cahaya

Energi cahaya terbentuk dari partikel cahaya yang dinamakan foton. Foton tidak memiliki massa, namun membawa energi kinetik yang membuatnya dapat bergerak. Sehingga, cahaya termasuk ke dalam energi kinetik.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Dualisme Cahaya?

Energi listrik

Dilansir dari Thought Co, energi listrik adalah bentujk energi potensial dan energi kinetik. Disebut energi kinetik, karena energi listrik terbentuk dari pergerakan partikel bermuatan dari potensial tinggi ke potensial rendah.

Energi radiasi

Energi yang termasuk energi kinetik selanjutnya adalah energi radiasi.

Dilansir dari Earth Eclipse, energi radiasi termasuk energi kinetik karena terbentuk dari partikel bergerak yang membawa panas, cahaya, atau jenis radiasi lainnya dari sumber ke lingkungannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com