Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Ahli

Kompas.com - 27/10/2022, 09:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.comSistem ekonomi merupakan seluruh tata cara yang digunakan dalam mengkoordinasikan perilaku masyarakat mencakup produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan lainnya.

Sistem ekonomi berfungsi menjalankan kegiatan ekonomi baik dalam hal produksi, distribusi, konsumsi, maupun investasi yang secara terintegrasi membentuk satu kesatuan utuh teratur dan dinamis sehingga mampu menghindari kekacauan di bidang ekonomi.

Dalam suatu negara adanya sistem ekonomi sangat penting karena berfungsi sebagai pendorong sistem produksi.

Selain itu, sistem ekonomi juga berfungsi untuk menciptakan suatu mekanisme agar proses distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik. Dengan kata lain, tanpa adanya sistem ekonomi yang baik, maka pertumbuhan ekonomi dapat terjaga dengan baik juga.

Baca juga: Sistem Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri

Berikut ini beberapa definisi sistem ekonomi menurut ahli:

Dumairy

Sistem ekonomi adalah sistem yang mengatur hubungan ekonomi antara manusia dan pembentukan kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan.

Sistem ekonomi tidak harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan pandangan, pola dan filsafat hidupnya. Dia juga yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu ketahanan.

Gilarso

Sistem ekonomi merupakan cara yang digunakan untuk mengkoordinasikan perilaku keseluruhan masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik itu produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan lain sebagainya

Sehingga, menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis, juga dapat menghindari terjadinya kekacauan.

Baca juga: Sistem Ekonomi Liberal pada Masa Kolonial dan Kondisi Masyarakat

Mc. Eachern

Sistem ekonomi dapat didefinisikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi yang menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa dibuat.

Chester A Bemand

Sistem ekonomi sebagai suatu kesatuan terpadu yang di dalamnya terdapat bagian-bagian dan masing-masing; bagian itu memiliki ciri dan batasnya sendiri.

Gregory Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah sekumpulan yang terdiri atas unit, agen serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi tetapi juga pada tingkat tertentu saling memengaruhi.

M. Hatta

Sistem ekonomi yang baik haruslah berdasarkan pada asas kekeluargaan.

Baca juga: Sistem Ekonomi Pasar: Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya

L. James Havery

Sistem ekonomi sebagai suatu prosedur logis serta rasional untuk dapat merancang suatu rangkaian komponen yang saling berhubungan satu dan lainnya, dengan tujuan mencapai suatu kesatuan dan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com