Kompas.com - 30/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Budaya politik merupakan kepercayaan yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat. Dikutip dari buku Sistem Politik Indonesia (2013) oleh Anggara, Almond dan Verba mengartikan budaya politik sebagai pandangan politik masyarakat terhadap sistem negara dan andilnya warganegara dalam penerapan kebijakan.

Secara sederhana budaya politik adalah proses cara pandang masyarakat secara khusus dalam mencapai tujuan politik negara.

Definisi budaya politik menurut ahli 

Berikut beberapa definisi atau pengertian budaya politik menurut ahli, yaitu: 

  • Roy Marcidis

Budaya politik merupakan tujuan bersama dan keputusan yang harus diterima bersama.

  • Samuel Beer

Berpendapat bahwa budaya politik adalah perhitungan dan kepercayaan yang barkaitan dengan nilai serta pendapat mengenaik bagaimana pemerintah menjalankan politik serta apa yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Baca juga: 3 Tipe Budaya Politik Campuran 

  • Robert Dahl

Berupa sistem yang berkaitan dengan pola-pola memecahkan perbedaan dalam politik. Empat orientasi menurut Dahl, yaitu: orientasi pemecahan masalah, orientasi kerja sama, orientasi sistem politik, dan orientasi pandangan orang lain.

  • Sidney Verba

Budaya politik adalah seperangkat simbol ekspresif, cita-cita, dan ide empiris yang menggambarkan lingkungan di mana tindakan politik dipraktikkan.

  • Austin Ranney

Seperangkat orientasi yang mengenai sistem politik dan pemerintahan secara bersama. Pola orientasi terhadap materi-materi sistem politik.

  • Rusadi Sumintapura

Konstituen sistem politik menghidupi pola perilaku dan orientasi individu terhadap kehidupan politik yang dikenal sebagai budaya politik.

Baca juga: Tipe-tipe Budaya Politik berdasarkan Sikap, Tradisi, dan Perubahan

Tipe-tipe budaya politik   

Dilansir dari buku Sistem Politik Indonesia (2013) oleh Anggara, tipe budaya politik terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu berdasarkan sikap yang ditunjukkan dan orientasi politiknya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.