Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Tipe-tipe Budaya Politik

Kompas.com - 30/09/2022, 15:00 WIB
Laila San,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Budaya politik merupakan kepercayaan yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat. Dikutip dari buku Sistem Politik Indonesia (2013) oleh Anggara, Almond dan Verba mengartikan budaya politik sebagai pandangan politik masyarakat terhadap sistem negara dan andilnya warganegara dalam penerapan kebijakan.

Secara sederhana budaya politik adalah proses cara pandang masyarakat secara khusus dalam mencapai tujuan politik negara.

Definisi budaya politik menurut ahli 

Berikut beberapa definisi atau pengertian budaya politik menurut ahli, yaitu: 

  • Roy Marcidis

Budaya politik merupakan tujuan bersama dan keputusan yang harus diterima bersama.

  • Samuel Beer

Berpendapat bahwa budaya politik adalah perhitungan dan kepercayaan yang barkaitan dengan nilai serta pendapat mengenaik bagaimana pemerintah menjalankan politik serta apa yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Baca juga: 3 Tipe Budaya Politik Campuran 

  • Robert Dahl

Berupa sistem yang berkaitan dengan pola-pola memecahkan perbedaan dalam politik. Empat orientasi menurut Dahl, yaitu: orientasi pemecahan masalah, orientasi kerja sama, orientasi sistem politik, dan orientasi pandangan orang lain.

  • Sidney Verba

Budaya politik adalah seperangkat simbol ekspresif, cita-cita, dan ide empiris yang menggambarkan lingkungan di mana tindakan politik dipraktikkan.

  • Austin Ranney

Seperangkat orientasi yang mengenai sistem politik dan pemerintahan secara bersama. Pola orientasi terhadap materi-materi sistem politik.

  • Rusadi Sumintapura

Konstituen sistem politik menghidupi pola perilaku dan orientasi individu terhadap kehidupan politik yang dikenal sebagai budaya politik.

Baca juga: Tipe-tipe Budaya Politik berdasarkan Sikap, Tradisi, dan Perubahan

Tipe-tipe budaya politik   

Dilansir dari buku Sistem Politik Indonesia (2013) oleh Anggara, tipe budaya politik terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu berdasarkan sikap yang ditunjukkan dan orientasi politiknya. 

Berikut penjelasannya: 

Berdasarkan sikap yang ditunjukkan 

Negara dengan kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang pesat membutuhkan kerja sama yang luas dengan konsolidasi dari modal dan kemampuan.

Berdasarkan sikap budaya politik dibagi menjadi dua:

  • Budaya politik militan

Budaya politik militan menganggap ketidaksepakatan sebagai tugas yang sulit dan berbahaya daripada upaya untuk menemukan solusi terbaik.

  • Budaya politik toleransi

Berbanding terbalik dengan budaya politik militan, budaya politik toleransi berfokus pada penyelesaian masalah dan menitik beratkan pada nilai.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-jenis Budaya Politik

Berdasarkan orientasi politiknya 

Budaya politik dapat dilihat dari karkaternya. Sistem politk yang berbeda maka budaya politik yang berjalan juga akan berbeda. Budaya politik berdasarkan orientasi politiknya terbagi menjadi tiga, yakni: 

  • Budaya politik parokial 

Merupakan tingkt budaya politik yang paling rendah dikarenakan oleh efek kognitifnya. Misal tingkat pendidikan.

  • Budaya politik kaula

Masyarakat yang terlibat dalam budaya politik ini lebih maju dibandingkan parokial. Dapat dilihat dari segi ekonomi dan sosialnya.

  • Budaya politik partisipan

Menduduki budaya politik yang paling tinggi. Dimaana masyarakat sangat berperan aktif dalam politik negara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com