Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan

Kompas.com - 29/09/2022, 18:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.comPemanasan global adalah fenomena kenaikan suhu secara keseluruhan di planet Bumi. Fenomena ini salah satunya disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang berlebih.

Semakin bertambahnya populasi manusia, maka semakin meningkat juga penggunaan bahan bakar fosil.

Belakangan ini, dampak pemanasan global meningkat drastis dan memengaruhi berbagai ekosistem yang ada di permukaan bumi. Ada berbagai macam dampak dari pemanasan global, yaitu:

  • Kepunahan spesies hewan

Banyak spesies hewan yang terancam punah karena pemanasan global. Cuaca ekstrem yang diakibatkan oleh pemanasan global dapat menghancurkan habitat hewan serta ekosistemnya.

Misalnya fenomena melelehnya es di kutub utara menjadikan beruang kutub kehilangan habitatnya sehingga mereka terancam punah.

Baca juga: 5 Penghasil Emisi Gas Karbon Dioksida yang Mendorong Pemanasan Global

  • Kelaparan dan kemiskinan

Perubahan cuaca yang ekstrim dapat memicu kelaparan karena sumber makanan yang semakin berkurang. Lahan dan ternak dapat mengalami kekurangan produktivitas bahkan musnah dikarenakan pemanasan global.

Selain itu, dampaknya pada masyarakat adalah meningkatnya angka pengangguran dan menurunnya kesejahteraan.

  • Mencairnya es di kutub

Dampak pemanasan global yang paling utama adalah mencairnya es di kutub. Hal ini disebabkan adanya peningkatan suhu bumi. Dalam 30 tahun terakhir, jumlah es di kutub yang mencair akibat pemanasan global mencapai 28 triliun ton.

  • Peningkatan volume air laut

Dampak yang ditimbulkan selanjutnya adalah peningkatan volume air laut akibat debit air meningkat setelah triliunan ton es mencair.

Hal ini sangat berbahaya karena akan mengakibatkan banyak wilayah yang tergenang banjir dan pulau kecil akan menghilang karena tenggelam.

Baca juga: Mengapa Pemanasan Global dapat Mengancam Habitat Mangrove?

  • Krisis air bersih

Pemanasan global juga bisa mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Hal ini disebabkan oleh penguapan pada air di dalam permukaan tanah sehingga air bersih akan sulit didapatkan.

  • Kebakaran hutan

Peningkatan suhu udara yang tinggi juga dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Kebakaran besar yang pernah melanda California, Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu juga disebut oleh para ilmuwan disebabkan oleh meningkatnya suhu yang diakibatkan oleh pemanasan global.

  • Kabut asap

Kebakaran hutan yang dipicu oleh pemanasan global juga menimbulkan kabut asap yang mengganggu dan sangat membahayakan kesehatan manusia.

  • Terjadinya wabah penyakit

Kenaikan suhu akibat pemanasan global juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh, terutama imunitas makhluk hidup akan menurun sehingga mudah terserang berbagai penyakit yang dikhawatirkan akan menjadi wabah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com