Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Kambing di Indonesia 

Kompas.com - 14/09/2022, 15:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Kambing adalah salah satu jenis ruminansia kecil yang sudah lama diternakkan di Indonesia. Kambing diperkirakan berasal dari Asia barat.

Terdapat tujuh jenis kambing asli Indonesia, yaitu kambing marica, kambing samosir, kambing muara, kambing gembrong, kambing benggala, kambing kacang, dan kambing etawa.

Jenis kambing yang umum dikenal oleh masyarakat adalah kambing kacang dan kambing peranakan etawa.

Berikut adalah penjelasan jenis-jenis kambing yang ada di Indonesia: 

Kambing kacang

Kambing kacang adalah salah satu jenis kambing asli Indonesia yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Kambing ini memiliki ciri-ciri postur tubuh kecil, telinga pendek dan tegak, leher pendek dan punggung meninggi.

Kambing jantan dewasa tingginya rata-rata 60-65 sentimenter, sedangkan betina dewasa 56 sentimeter. Bobot kambing dewasa untuk betina rata-rata 20 kilogram, sedangkan kambing dewasa jantan 25 kilogram.

Baca juga: Hewan Mamalia: Ciri-ciri dan Contohnya

Kambing peranakan etawa

Kambing peranakan etawa adalah jenis kambing yang berasal dari hasil persilangan antara kambing etawa (asal India) dengan kambing kacang.

Kambing peranakan etawa ini merupakan kambing yang diternakkan sebagai penghasil daging dan susu.

Berat kambing peranakan etawa jantan dewasa berkisar 40 kilogram dan betina dewasanya memiliki berat 35 kilogram.

Ciri-ciri dari kambing peranakan, yaitu memiliki telinga panjang dan terkulai, warna rambut bervariasi dari coklat muda sampai hitam, terdapat rambut pada bagian leher, serta pundak lebih tebal dan agak panjang.

Kambing marica

Kambing marica merupakan salah satu jenis atau variasi lokal yang didapatkan dari kambing kacang. Kambing ini dapat ditemui di daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Hewan yang satu ini menjadi salah satu genotipe kambing asli Indonesia.

Bentuk tubuhnya cukup unik dan menarik. Namun sayangnya, populasi kambing ini menurun drastis setiap tahunnya.

Baca juga: 5 Hewan Terkecil di Dunia

Bahkan, sumber data menyebutkan bahwa kambing genotipe ini terancam mengalami kepunahan. Kambing asli Sulawesi ini tidak memiliki tanduk dan bentuk tubuhnya relatif kecil.

Kambing ini memiliki bentuk telinga yang unik. Telinganya tegak dan pendek sehingga sekilas tampak seperti rusa. Kambing ini juga mempunyai karakter lincah dan gesit. Mereka bisa bergerak dengan cepat dan terkadang agresif.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com