Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivipar: Pengertian dan Contoh Hewannya

Kompas.com - 01/09/2022, 08:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Vivipar adalah reproduksi pada hewan yang mengakibatkan telur berkembang di dalam tubuh hewan betina dan perkembangan janinnya mendapat makanan dari induknya.

Vivipar kerap disebut sebagai hewan yang melahirkan anaknya dan tidak bertelur. Ciri dari hewan vivipar adalah memiliki daun telinga. 

Contoh hewan vivipar

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan seperti monyet, sapi, kuda, kerbau, kambing dan babi serta hewan lainnya. Berikut adalah penjelasannya!

Monyet

Monyet berkembangbiak dengan cara melahirkan atau vivipar. Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia atau kera, baik yang tinggal di Dunia Lama maupun Dunia Baru.

Hingga saat ini dikenal 264 jenis monyet yang hidup di dunia. Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil.

Baca juga: Fertilisasi Internal: Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Monyet biasanya hidup berkelompok meskipun ada juga yang kadang ditemukan mencari makan sendiri. Monyet biasanya hidup di hutan primer dan sekunder yang dekat dengan aliran sungai.

Makanan utama monyet adalah buah-buahan dan pucuk muda dari pohon-pohon tertentu. Seperti manusia, monyet melahirkan, merawat seperti mengggendong anaknya. Bahkan beberapa jenis tertentu monyet juga memiliki siklus haid seperti manusia. 

Sapi

Sapi atau Lembu adalah hewan ternak anggota famili Bovidae dan subfamili Bovinae.

Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia.  Hasil sampingannya seperti kulit, jeroan, tanduk, dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia.

Sapi adalah hewan vivipar. Sekali melahirkan, biasanya sapi melahirkan satu ekor anak. Masa kehamilan sapi yaitu 280 hari. Biasanya, anak yang lahir di rentang 270-280 hari anaknya betina. Sapi merupakan mamalia yang menyusui anaknya. 

Baca juga: Contoh Hewan Ruminansia

Kerbau

Seperti halnya sapi, kerbau juga merupakan mamalia. Masa kehamilan kerbau adalah sekitar  300 hari hingga dapat melahirkan satu anaknya. 

Kerbau senang bermain di lumpur dan minum banyak air. Hal ini berguna untuk membantu mendinginkan tubuhnya serta sebagai asupan cairan untuk tubuhnya. 

Kambing

Contoh hewan vivipar selanjutnya adalah kambing. Kambing ternak merupakan salah satu subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur.

Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com