Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi William G. Morgan, Penemu Olahraga Bola Voli

Kompas.com - 30/08/2022, 18:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Povinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Olahraga bola voli termasuk jenis olahraga yang sudah populer di tengah-tengah masyarakat. Bola voli termasuk olahraga yang digemari berbagai lapisan masyarakat, mulai anak-anak hingga orang dewasa. 

Olahraga bola voli dimainkan secara kelompok sehingga ada aturan yang harus dipatuhi agar tercipta sportifitas dan kebersamaan.

Kehadiran olahraga bola voli tidak lepas dari peran William G. Morgan, seorang tokoh asal Amerika Serikat. Berikut biografi singkat William G. Morgan, penemu olahraya bola voli:

Sosok William G. Morgan

William G. Morgan adalah tokoh asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta olahraga bola voli. William G. Morgan lahir di Lockport, New York pada tanggal 23 Januari 1870.

Morgan kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men’s Christian Association). Setelah lulus, pada tahun 1895 dia mulai bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts.

Baca juga: Istilah dan Peraturan dalam Permainan Bola Voli

Awal mula menemukan bola voli 

Saat bekerja di YMCA, Holyoke sebagai Direktur Pendidikan Jasmani, Morgan memerhatikan bahwa permainan bola basket ternyata tidak dapat dimainkan sembarang orang.

Bagi pria mudan dengan energi yang biasa hingga orang dewasa non-atletik ternyata tidak cukup mengimbangi olahraga bola basket. 

Morgan kemudian beroikir untuk menciptakan sebuah permainan olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang tidak peduli usia atau kemampuan fisik, namun dengan tujuan yang sama dengan bola basket.

Akhirnya Morgan mulai mengutak-atik dan menggabungkan beberapa olahraga seperti bola tangan, tenis, dan bulu tangis. Tentu ditambah dengan beberapa metode sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya di dunia olahraga.

Akhirnya Morgan mendapatkan formula permainan olahraga yang menggunakan jaring atau net setinggi 2,5 meter yang membagi lapangan menjadi dua. 

Olahraga tersebut dimainkan di lapangan dengan ukuran 18 x 9 meter. Sehingga bisa dimainkan di mana saja di seluruh negeri. 

Setelah membuat aturan, Morgan kemudian memikirkan bola yang ingin digunakan. Jika menggunakan bola basket tentu tidak masuk, karena terlalu berat. 

Morgan kemudian meminta bantuan temannya Spalding dan Bros untuk membuat bola yang pada saat itu berukuran 25-27 inci dan berat 9-12 ons. 

Baca juga: Apa itu Permainan Voli?

Bola baru sudah jadi, hal terakhir yang harus dilakukan Morgan adalah membuat nama. Morgan datang dengan "Mintonette" sebagai nama baru untuk permainannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com