Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 29/08/2022, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Indonesia adalah negara maritim yang dikenal memiliki wilayah perairan terluas di dunia. Salah satu wilayah perairan adalah sungai.

Ada ribuan sungai yang mengalir di seluruh wilayah Indonesia. Setiap sungai memiliki sejarah dan keunikan tersendiri. 

Berikut lima sungai terpanjang di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah: 

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas berada di pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai yang memiliki panjang 1.143 kilometer ini dapat dilayari sepanjang 942 kilometer. Aliran sungai Kapuas terletak di Pegunungan Muller. 

Sungai ini memiliki fungsi vital bagi sebagian besar masyarakat Kalimantan. Jalur sungai dimanfaatkan sebagai akses transportasi untuk mengangkut kayu gelondongan dari kawasan penebangan ke pabrik-pabrik. 

Selain dijadikan akses transportasi, sungai Kapuas juga dijadikan sebagai obyek wisata. Banyak daerah di pinggir sungai yang dijadikan tempat tujuan pariwisata.

Di samping itu, hutan yang masih terlindungi dengan baik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kelestarian Sungai Kapuas masih terjaga.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam Sungai bagi Manusia

Sungai Mahakam

Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassarwikipedia.org/Hendrojkson Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar

Sungai Mahakam yang memiliki panjang 920 kilometer ini berada di Provinsi Kalimantan Timur. Di sini merupakan habitat hewan langka, yaitu Pesut Mahakam. Sungai Mahakam juga memiliki peran penting bagi masyarakat sebagai jalur transportasi dan sumber air bersih. 

Sungai Mahakam yang menguasai sekitar 41 persen wilayah Kalimantan Timur menjadi habitat berbagai spesies ikan.

Pada aliran Sungai Mahakam mulai dari Kecamatan Melak di bagian hulu hingga Kota Samarinda di bagian hilir, ditemukan 174 spesies ikan dan 9 persen di antaranya adalah spesies endemik.

Baca juga: 10 Sungai Terdalam di Dunia

Sungai Barito

Sungai Barito, Kalimantan Tengahantaranews.com/FOTO ANTARA/KASRIADI Sungai Barito, Kalimantan Tengah

Sungai Barito adalah Sungai yang melintasi Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan selatan. Panjang Sungai Barito adalah 890 kilometer. Hulu sungai ini terletak di Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa.

Sungai Barito sudah terkenal sejak ratusan tahun silam. Salah satu daya tarik Sungai Barito adalah adanya pasar apung yang dijadikan masyarakat tempat untuk melaksanakan transaksi jual beli diatas perahu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com