Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Sel Darah Merah

Kompas.com - 12/07/2022, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comSel darah merah adalah salah satu komponen utama pembentuk darah. Sel darah merah memiliki struktur yang unik. Berikut adalah ciri-ciri sel darah merah!

Tidak memiliki inti sel

Ciri-ciri sel darah merah yang pertama adalah tidak memiliki inti sel. Seperti yang kita ketahui, sel darah merah dibuat di dalam sumsum tulang merah.

Dilansir dari Whitehead Institute, sel darah merah mengeluarkan inti sel (nukleus) mereka ketika matang melalui proses yang menyerupai pembelahan sel.

Selain inti sel, sel darah merah juga melepaskan sebagian besar organelnya termasuk mitokondria.

Baca juga: 4 Komponen Penyusun Darah beserta Fungsinya

Tidak adanya mitokondria menghilangkan kemampuan respirasi aerobiknya. Sehingga, sel darah merah tidak mengonsumsi oksigen yang diangkutnya.

Berbentuk cakram bikonkaf

Ciri-ciri sel darah merah atau eritrosit selanjutnya adalah memiliki bentuk berupa cakram bikonkaf dengan diameter sekitar tujuh hingga delapan mikrometer.

Sel darah merah memiliki bentuk cakram bulat yang tebal di bagian sampingnya, namun tipis di bagian tengahnya.

Bentuk cakram bikonkaf menyediakan permukaan yang luas. Sehingga, memungkinkan difusi oksigen secara maksimal oleh sel darah merah.

Baca juga: Pewarisan Golongan Darah

Dapat melipat dirinya sendiri

Pipihnya cakram sel darah merah dikarenakab lepasnya inti sel dan beberapa organel selnya ketika. Bentuk bikonkaf menyediaka ruang yang besar untuk hemoglobin mengikat gas oksigen.

Dilansir dari Lumen Learning, pembuluh kapiler memiliki ukuran yang kecil sehingga bentuk cakram bikonkaf memungkinkan sel darah merah melipat ke dalam untuk dapat masuk ke kapiler.  

Sel darah merah bersifat fleksibel, sehingga dapat kembali ke bentuk aslinya setelah melipat dan keluar dari kapiler.

Baca juga: Sel Darah Tubuh dan Jenisnya

Mengandung hemoglobin

Ciri-ciri sel darah merah selanjutnya adalah mengandung hemoglobin.

Dilansir dari Chemistry Libretexts, hemoglobin adalah polipeptida yang memungkinkan oksigen diangkut dalam darah dari paru-paru ke jaringan lain.

Hemoglobin terbentuk dari heme atau besi dan protein globin. Deketahui, satu molekul hemoglobin dapat mengikat empat molekul oksigen.

Adapun, zat besi dalam hemoglobin tersebutlah yang membuat darah berwarna merah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com