Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian serta Perbedaan Microsoft Word dan Excel

Kompas.com - 11/07/2022, 12:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Untuk memudahkan segala pekerjaan, semua orang tentu menggunakan program atau aplikasi Microsoft Office. 

Dilansir dari Market Cap Rankings (2012) oleh Zacks Investment Research, Microsoft merupakan sistem operasi Windows yang digunakan pada lebih banyak komputer di dunia dibanding sistem operasi lain mana pun. Bahkan menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. 

Salah satu produk dari Microsoft, yaitu Microsoft Office yang mana di antaranya terdapat program Microsoft Word dan Microsoft Excel. 

Baca juga: Cara Menggunakan Microsoft Point

Pengertian Microsoft Word 

Microsoft word adalah perangkat lunak atau aplikasi pengolah kata yang diluncurkan sebagai produk untuk meningkatkan pasar Microsoft dalam bisnis paket perangkat lunak produktivitas kantor. 

Dengan Microsoft Word kita bisa melakukan berbagai kegiatan dalam hal tulis-menulis. Beberapa manfaat dan juga kegunaan Microsoft Word, sebagai berikut: 

  • Membuat dokumen 

Kegunaan utama dari Word adalah membuat dokumen. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi, tertata, sesuai keinginan penggunanya. 

Dokumen bisa berupa laporan, tugas sekolah maupun kuliah, formulir, tabel, hingga bentuk cerita. 

  • Mengoreksi kata 

Sebagai aplikasi pengolah kata, Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan. 

Word juga bisa mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara bersama-sama dan juga menemukan suatu kata secara cepat. 

  • Membuka dan membuat berbagai format dokumen 

Seiring dengan berjalannya waktu, Word tidak hanya membuka file format .docx saja, melainkan sudah dapat membuka dan membuat file dengan ekstensi yang lebih beragam, seperti .dot, .html, .pdf, .txt, .wpd, .xml, dan .xps. 

Baca juga: Fungsi Insert dalam Microsoft Word dan Cara Menggunakannya

Pengertian Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) oleh Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah angka. 

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel atau grafik. 

Excel memiliki bentuk lembaran dengan tabel yang besar atau sering disebut spreadsheet. Fungsi utama dari Microsoft Excel adalah pengolahan daya yang bersifat numerik atau angka. 

Beberapa fungsi spesifik dari Microsoft Excel yaitu: 

  • Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  • Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  • Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  • Perhitungan kurs mata uang 
  • Untuk membuat penyajian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  • Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika
  • Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran 
  • Membantu penyelesaian soal logika dan matematika 

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Secara umum, fungsi Microsoft Word dan Excel sama-sama memudahkan dalam segala pekerjaan, terutama pekerjaan yang menggunakan dokumen, baik tulisan maupun angka. 

Berikut perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel, yaitu: 

  • Microsoft Word memiliki banyak pengaturan mengenai penataan teks serta gambar. Dalam Microsoft Word bisa juga membuat tabel, tetapi tidak bisa menghitung secara otomatis. Sedangkan pada Microsoft Excel memiliki berbagai fungsi matematika untuk menghitung angka dengan mudah. Membuat laporan keuangan lebih mudah dibandingkan dengan Microsoft Word. 
  • Tampilan kerja pada Microsoft Word berupa halaman putih kosong untuk membuat dokumen tulisan. Sedangkan Microsoft Excel menampilkan lembar kerja berupa kolom dan baris tabel. 
  • Microsoft Word memiliki ekstensi .doc atau docx. Sedangkan Microsoft Excel memiliki ekstensi .xls atau .xlsx. Masing – masing ekstensi ini adalah yang sering dipakai sebagai ekstensi file kedua aplikasi tersebut.
  • Microsoft Word lebih dominan mengolah teks atau kata – kata tidak bisa mengolah angka. Sedangkan Microsoft Excel cenderung mengolah data atau angka dan perhitungan matematika.

Baca juga: Cara Menggabungkan Dokumen pada Microsoft Word

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com