Kompas.com - 06/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Rotasi bumi pada porosnya dengan sumbu yang miring, mengakibatkan berbagai efek dan peristiwa di bumi. Salah satunya adalah angin geostropik. Apa yang dimaksud dengan angin geostropik? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian angin geostropik

Anginadalah peristiwa bergeraknya udara karena tidak meratanya pemanasan sinar matahari di permukaan bumi. Namun, angin geostropik sedikit berbeda karena dipengaruhi pergerakan bumi.

Dilansir dari National Geographic, angin geostropik ditemukan pada tahun 1857 oleh seorang ahli meteorologi asal Belanda bernama Christoph Buys Ballot.

Angin geostropik adalah salah satu sistem sirkulasi atmosfer atau udara di bumi.

Baca juga: Efek Coriolis: Pengertian dan Penyebabnya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, angin geostropik adalah aliran fluida atau angin yang arahnya sejajar dengan garis tekanan sama (isobar) akibat gradien tekanan dan keseimbangan gaya coriolis bumi.

Proses terbentuknya angin geostropik

Matahari menyinari bumi secara maksimal pada khatuslitiwa dan secara menimal pada kedua kutubnya.

Hal tersebut menghasilkan perbedaan tekanan, di mana kutub bertekanan udara tinggi sedangkan khatulistiwa bertekanan udara rendah.

Gradien tekanan tersebut menghasilkan sirkulasi bumi dalam pola lurus yang vertikal antara khatulistiwa dan kutub utara juga khatuslitiwa dan kutub selatan.

Baca juga: Sirkulasi Hadley: Pengertian dan Proses Terjadinya di Atmosfer Bumi

Dilansir dari Geosciences LibreTexts, gradien tekanan yang mempercepat tekanan udara ke utara, dibelokkan ke arah timur oleh efek coriolis. Efek coriolis terjadi karena perputaran atau rotasi bumi.

Dalam kondisi tertentu, terjadi gradien tekanan seimbang dengan gaya coriolis. Keseimbangan gradien tekanan dan gaya coriolis tersebut menimbulkan angin kondisi tunak yang disebut dengan angin geostropik.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.