Kompas.com - 04/07/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Kebijakan moneter termasuk ke dalam salah satu kebijakan pemerintah pada ekonomi makro. 

Dirangkum dari buku Perekonomian Indonesia (2021) oleh Abdul Rahman dan kawan-kawan, kebijakan moneter adalah kebijakan ekonomi dengan menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar untuk memengaruhi kegiatan ekonomi 

Kebijakan moneter menjadi tindakan yang dilakukan oleh pemerintah melalui Bank Sentral sebagai otoritas moneter untuk memengaruhi perekonomian dengan menentukan jumlah uang yang beredar. 

Baca juga: Krisis Moneter: Pengertian dan Dampaknya

Tujuan kebijakan moneter 

Kebijakan moneter sangat penting karena berhubungan dengan adanya proposisi yang mengatakan bahwa peredaran uang memiliki hubungan erat antara barang dan jasa atau sektor riil. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, beberapa tujuan kebijakan moneter, yaitu: 

  • Menjaga stabilitas ekonomi 

Adanya stabilitas moneter atau ekonomi termasuk dalam kebijakan moneter. Di mana suatu keadaan perekonomian yang berjalan sesuai dengan harapan, terkendali, dan berkesinambungan. 

Pertumbuhan arus uang yang beredar seimbang dengan arus barang dan jasa yang tersedia. 

  • Menjaga stabilitas tingkat harga 

Kebijakan moneter bisa dilakukan ketika terjadi ketidakstabilan tingkat harga. Ketidakstabilan ini terjadi ketika jumlah uang beredar tidak seimbang dengan jumlah barang. 

Ada kalanya harga naik atau turun tidak beraturan, sehingga perubahan harga memengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat. 

Baca juga: Penyebab Krisis Moneter di Indonesia

  • Meningkatkan kesempatan kerja

Perekonomian dikatakan stabil, apabila kondisi jumlah uang beredar seimbang dengan jumlah barang jasa. Dengan perekonomian yang stabil, perusahaan akan mengadakan investasi. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.