Kompas.com - 24/06/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, inflasi diartikan sebagai kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. 

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Ekonomi: Dasar-Dasar Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro (2016) oleh Aldila Septiana, konsep inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. 

Berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan oleh faktor, antara lain konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, hingga termasuk ketidaklancaran distribusi barang. 

Dilansir dari buku Ekonomi Moneter dan Kebanksentralan (2014) oleh Muhammad Natsir, jenis-jenis inflasi yakni: 

Baca juga: Pengertian Inflasi: Indikator, dan Pengelompokan

Jenis inflasi secara umum 

Beberapa jenis inflasi secara umum terdiri dari: 

  • Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK)

Inflasi barang dan jasa yang dimonitor harganya secara periodik. Inflasi IHK merupakan gabungan dari inflasi inti, inflasi harga administrasi, dan inflasi gejolak barang. 

  • Inflasi inti 

Inflasi barang dan jasa yang perkembangan harganya dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi secara umum yang akan berdampak pada perubahan harga-harga secara umum yang sifatnya cenderung permanen dan persisten. 

  • Inflasi harga administrasi 

Inflasi yang harganya diatur oleh pemerintah terjadi karena campur tangan pemerintah, misalnya kenaikan harga BBM, angkutan dalam kota dan kenaikan tarif tol. 

  • Inflasi gejolak barang-barang 

Inflasi kelompok komoditas yang perkembangan harganya cukup bergejolak. Seperti bahan makanan yang bergejolak terjadi pada kelompok bahan makanan dipengaruhi faktor gagal panen atau cuaca. 

Baca juga: Penyebab Inflasi: Permintaan Barang atau Jasa Tinggi

Inflasi berdasarkan asalnya 

Inflasi berdasarkan asalnya, sebagai berikut: 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.