Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Wajib Ada pada Label Kemasan Makanan

Kompas.com - 15/06/2022, 11:57 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comLabel kemasan adalah salah satu komponen penting yang harus ada pada kemasan suatu makanan. Apa saja yang harus tertera dalam suatu kemasan? Berikut adalah delapan hal yang wajib ada pada label makanan!

Nama produk

Nama produk adalah hal yang pertama wajib dicantumkan pada label kemasan. Penting untuk mencantumkan nama produk yang menarik dan jelas agar konsumen tertarik untuk membeli.

Namun, nama yang diberikan harus sesuai dengan kenyataan kandungan makanan yang dijual. Nama produk harus dirancang dengan baik dan menonjol agar diingat oleh konsumen.

Baca juga: 4 Fungsi Kemasan Produk

Nama dan alamat pabrik

Pada label kemasan wajib dicantumkan nama perusahaan dan alamat pabrik tempat produk tersebut diproduksi.

Bahkan, pada beberapa label dicantumkan perusahaan yang berperan sebagai distributor produk tersebut.

Legalitas

Hal yang wajib ada pada label makanan selanjutnya adalah legalitas. Legalitas memberikan informasi apakah produk yang dijual memiliki izin dan memenuhi standar atau tidak.

Selain legalitas, biasanya juga dicantumkan logo halal bagi makanan yang diperuntukan bagi umat muslim.

Tanggal dan kode produksi

Label kemasan makanan juga harus mencantumkan tanggal diproduksinya produk tersebut juga kode produksinya. Sehingga, konsumen mengetahui kapan produk tersebut dibuat.

Baca juga: Makna dari Pernyataan Pada Saat Inilah Kemasan Mengambil Alih Tugas Penjualan

Masa berlaku

Hal yang wajib ada pada label kemasan makanan adalah masa berlaku produk. Massa berlaku mencantumkan tanggal kedaluwarsa makanan.

Hal tersebut bertujuan menghindari dikonsumsinya makanan yang kedaluwarsa karena dapat membahayakan kesehatan bahkan nyawa seseorang.

Berat bersih

Label kemasan juga wajib mencantumkan berat bersih atau neto. Berat bersih adalah berat dari produk makanan saja tanpa berat kemasannya.

Komposisi produk

Komposisi produk juga harus tertera pada label kemasan makanan. Komposisi produk berisi semua bahan yang digunakan untuk membuat makanan.

Dilansir dari Food Standar Agency, bahan harus diurutkan berdasarkan beratnya di mana bahan utama dicantumkan paling atas bersama dengan jumlahnya dan diikut bahan lainnya secara berurutan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Kemasan Primer, Sekunder, serta Tersier

Dalam komposisi produk juga wajib dicantumkan bahan alergen seperti kacang. Hal tersebut bertujuan untuk membantu orang-orang yang alergi dan tidak bisa menoleransi bahan makanan tertentu.

Informasi nilai gizi

Hal selanjutnya yang wajib ada pada label kemasan makanan adalah informasi nilai gizi.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, informasi nilai gizi dapat menguraikan jumlah kalori, karbohidrat, lemak, serat, protein, dan vitamin per porsi makanan dalam kemasan tersebut.

Informasi nilai gizi membantu konsumen untuk mengetahui dan membandingkan kandungan antara suatu produk dengan produk lainnya. Informasi nilai gizi membantu memberikan kelebihan kandungan gizi suatu produk dibanding produk lainnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com