Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Hukum Media Menurut McLuhan

Kompas.com - 27/05/2022, 16:00 WIB
Jessica Novia,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia tidak bisa dipisahkan oleh teknologi dan perkembangannya. Hal ini menjadi prinsip dari teori ekologi media. 

Teknologi mempersatukan masyarakat dan teknologi tetap menjadi pusat kehidupan virtual manusia. Teori ekologi media merupakan salah satu usaha bidang komunikasi untuk memahami pengaruh media terhadap kebudayaan. 

Dikutip dari Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (2017) karya Richard West & Lynn H, McLuhan mengatakan bahwa teori ekologi media adalah studi tentang bagaimana media dan proses komunikasi memengaruhi persepsi manusia, perasaan, emosi, dan nilai teknologi yang memengaruhi komunikasi melalui teknologi baru. 

McLuhan mengembangkan sebuah cara untuk melihat lebih jauh mengenai pengaruh teknologi terhadap masyarakat.

Baca juga: Teori Ekologi Media: Pengertian dan Asumsi

McLuhan menawarkan tetralogi sebagai bagian dari konsep yang membuat para cendekiawan memahami masa lampau, saat ini, dan efek yang akan datang dari media.

Dengan teori ini, McLuhan membahas mengenai hukum-hukum media yang ada. Berikut empat hukum media yang ditawarkan oleh McLuhan, yaitu: 

  • Peningkatan 

Hukum peningkatan adalah adanya peningkatan masyarakat yang memperkuat tingkat kecerdasan, eksistensi, dan pola hidupnya. Pergeseran ini membuat manusia peka terhadap teknologi. 

Contohnya, perkembangan dalam dunia internet, yang mampu membuka cakrawala pikiran manusia untuk melakukan komunikasi tanpa adanya keterbatasan terhadap seluruh individu di dunia. 

  • Ketinggalan zaman 

Hukum ini artinya pada masa tertentu, teknologi yang ada dan dikuasai saat itu tiba-tiba menjadi sesuatu yang kuno dan ketinggalan zaman. 

Misalnya, teknologi televisi hitam putih yang menjadi primadona pada tahun 1960-an, kemudian tergantikan dengan teknologi TB berwarna dan terus berkembang hingga sekarang. 

Baca juga: Apa itu Teori Komunikasi Dua Tahap?

  • Pengambilan kembali 

Hukum ini lebih pada terjadinya proses pengambilan kembali sesuatu yang pernah ada kemudian hilang, setelah itu mengalami pembaharuan, perbaikan, dan penyempurnaan. 

Contohnya, percakapan secara langsung, kini bisa digantikan dengan face to cave online atau melalui video call. Sehingga orang-orang tetap bisa berbicara tatap muka meskipun berbeda tempat bahkan berbeda negara. 

  • Pemutarbalikan 

Hukum yang berbicara mengenai pola sick and cure. di mana media bisa menjadi sumber malapetaka dan bisa menjadi sebaliknya bagi penggunanya. 

Sejarah media 

Hukum media yang dijabarkan oleh McLuhan juga berkesinambungan dengan sejarah media. Teori ekologi media bergantung pada pemahaman sejarah dari media itu sendiri. 

McLuhan menekankan bahwa suatu media menjadi alat untuk membentuk masyarakat. Pihaknya mengidentifikasi empat periode waktu yang berbeda untuk perkembangan media. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com